Sukses

Terbukti, Membaca Buku Buat Manusia Panjang Umur

Membaca buku dapat buat manusia panjang umur, apakah benar?

Liputan6.com, Jakarta Penelitian terbaru menemukan, membaca buku terbukti dapat membuat seorang manusia hidup lebih lama. Penelitian dilakukan kepada 3.635 orang, lalu dibagi menjadi 3 grup. Kelompok yang tidak membaca buku, kelompok yang membaca 3,5 jam per minggu, dan kelompok yang membaca buku lebih dari 3,5 jam.

Seperti dilansir dari situs New York Times pada hari Minggu (7/8/2016), penelitian tersebut dilakukan lebih dari 12 tahun. Hasilnya, kelompok yang membaca 3,5 jam dalam seminggu memiliki kemungkinan hidup lebih lama sebesar 17% dibandingkan dengan kelompok yang tidak membaca buku. Sedangkan kelompok yang membaca buku lebih sering, memiliki kemungkinan 23% hidup lebih lama. Kesimpulannya, pembaca buku rata-rata hidup 2 tahun lebih lama dari orang yang tidak membaca buku sama sekali.

Penelitian tersebut juga mendapatkan hubungan antara membaca koran dan umur panjang, namun korelasinya tidak sekuat seperti membaca buku. 

Wah, ternyata membaca buku tidak hanya menambah wawasan dan ilmu pengetahuan, namun juga dapat membuat hidup Anda panjang umur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.