Sukses

6 Tips Jitu Memilih Hotel yang Tepat Saat Liburan Bersama Anak

Saat liburan bersama anak-anak banyak yang harus dipersiapkan. Berikut tips memilih hotel yang tepat saat liburan dengan anak

Liputan6.com, Jakarta Saat sudah berkeluarga, bukan pantangan untuk tetap traveling. Namun, traveling bersama keluarga tentu memiliki tantangan tersendiri. Salah satunya adalah bagaimana agar anak-anak tetap nyaman saat liburan. Berikut tips traveling, untuk memilih hotel yang tepat saat liburan dengan anak yang perlu diperhatikan.

1. Pastikan usia anak sesuai dengan peraturan hotel

Beberapa hotel memiliki kebijakan yang berbeda, dalam menerima tamu yang membawa anak-anak. Sebelum melakukan reservasi, periksa terlebih dahulu kebijakan hotel yang dituju apakah ada biaya tambahan atau tanpa biaya tambahan.

Umumnya hotel membebaskan biaya bagi anak-anak di bawah usia lima tahun. Sedangkan anak-anak di atas usia tersebut dikenai biaya tambahan. Jika beruntung, beberapa hotel bahkan menyediakan ranjang khusus bayi.

2. Memilih tipe kamar yang tepat

Usia anak-anak di bawah 12 tahun masih membutuhkan pengawasan dari orang tua atau orang dewasa. Jangan ragu untuk menanyakan pada resepsionis hotel, tentang ketersediaan kamar yang memiliki akses khusus pada kamar yang bersebelahan.

Jika anak sudah remaja, biasanya mereka membutuhkan lebih banyak privasi. Sebaiknya hindari memilih kamar yang memiliki koneksi langsung dari dalam kecuali orang tua sudah terlebih dahulu mendiskusikannya dengan anak-anak.

3. Pilih kamar hotel yang memiliki kamar mandi dengan bathtub

Memandikan anak yang berusia di bawah 5 tahun, akan lebih mudah jika terdapat bathtub di dalam kamar mandi. Tentu anak-anak harus selalu dalam pengawasan saat bermain dan mandi di dalam bathtub. 

4. Gunakan mini bar untuk menyimpan ASI dan MPASI

Jika Anda masih memiliki bayi, Anda bisa menggunakan mini bar untuk menyimpan ASI dan MPASI agar tetap segar. Kosongkan sebagian ruang mini bar untuk tempat menyimpan ASI dan makanan pendamping ASI lainnya.

5. Awasi anak-anak saat berada di dekat kolam renang

Pastikan hotel yang Anda pilih memiliki kolam renang khusus anak-anak. Ketahui jam buka kolam renang tersebut, agar pengawas kolam renang bisa ikut saling mengawasi anak-anak. Jangan pernah lepaskan pandangan Anda saat bersama si kecil ketika berenang bersama.

6. Lakukan reservasi hotel segera

Lakukan pemesanan hotel segera, atau berbarengan dengan ketika Anda cek harga tiket pesawat ke tempat liburan yang dituju. Dengan melakukan reservasi lebih awal, Anda akan mendapatkan kamar yang sesuai dengan kebutuhan Anda saat liburan bersama anak-anak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.