Sukses

6 Hal yang Tidak Boleh Anda Lakukan Sebelum Tidur

Ternyata, banyak hal yang tidak boleh dilakukan sebelum tidur, apa saja? Simak di sini.

Liputan6.com, Jakarta Mungkin ini adalah satu masalah yang selalu dialami oleh banyak orang, termasuk Anda. Anda selalu berusaha bagaimana pun caranya agar mendapatkan tidur minimal delapan jam dalam sehari. Namun saat terbangun di pagi hari, tubuh Anda masih saja merasa lelah. Apa masalahnya?

Dilansir dari purewow.com, Sabtu (6/8/2016), Anda mungkin mendapatkan waktu tidur yang cukup, namun tidak dengan kualitasnya. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Hal ini bisa saja karena kebiasaan yang selalu Anda lakukan sebelum tidur, apa saja?

1. Menyelesaikan pekerjaan Anda
Mungkin lebih dari 12 jam telah Anda habiskan di kantor untuk berpikir dan bekerja, dan membawa semua sisa pekerjaan ke rumah.
Anda disarankan untuk tidak mengerjakan pekerjaan kantor di rumah, terutama sebelum tidur, karena ini akan membuat otak Anda stres, walaupun ketika sedang tidur.

2. Minum alkohol
Alkohol memang dipercaya dapat membuat seseorang tertidur lebih cepat dan mudah, namun alkohol juga dapat menurunkan kualitas tidur Anda.

3. Memeriksa Instagram
Penelitian menunjukkan bahwa cahaya biru dan putih yang dipancarkan oleh sebuah layar akan mencegah otak Anda untuk melepaskan melatonin, hormon yang berfungsi menyiapkan tubuh untuk tidur.

4. Makan gula
Dark chocolate memiliki beberapa manfaat mengesankan, namun ia juga mengandung kafein, sehingga sebaiknya Anda tidak berhubungan dengan cokelat sebelum tidur. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine menemukan bahwa makanan yang tinggi lemak jenuh dan gula akan mengganggu kualitas tidur Anda.

5. Makan makanan pedas
Makanan pedas dapat menyebabkan refluks asam yang timbul jika Anda terlalu cepat pergi tidur setelah memakannya. Cobalah untuk mengurangi makan makanan pedas sebelum tidur di malam hari.

6. Minum terlalu banyak air
Semua orang tahu pentingnya untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, namun meminum terlalu banyak air sebelum pergi tidur, kemungkinan akan membuat Anda terbangun di tengah malam untuk pergi ke kamar mandi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini