Sukses

Inilah 5 Manfaat Penting dari Gaya Hidup Minimalis

Di tengah kehidupan yang kerap membanggakan diri pada akumulasi barang, gaya hidup minimalis diperlukan untuk fokus pada tujuan prioritas.

Liputan6.com, Jakarta Memilih gaya hidup minimalis bukan berarti miskin atau menjadi pelit. Di tengah kehidupan yang kerap membanggakan diri pada akumulasi barang, gaya hidup minimalis telah dilakukan banyak orang untuk mengimbangi gaya hidup konsumerisme.

Seperti dikutip dari laman lifehack, Selasa (2/8/2017), dengan mengadopsi gaya hidup minimalis, tiap orang bisa membuang kebiasaan membeli yang tidak dibutuhkan untuk fokus pada apa yang dibutuhkan, dan merasakan hidup tanpa utang, gangguan, dan kebisingan. Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan saat melakoni gaya hidup minimalis.

Merasakan Kenyamanan
Saat Anda berhenti untuk membeli sesuatu yang tidak terlalu dibutuhkan, dan membiarkan ruang rumah Anda terisi dengan barang-barang sewajarnya, seperti lukisan dan sofa, Anda akan merasakan kenyamanan lebih serta merasakan terbebas dari sesak napas. Kosongkan ruang Anda, dan isi degan kehidupan Anda sendiri.

Mendapatkan Kebebasan
Kepemilikan barang akan mengikat dan membuat seseorang takut kehilangan. Bebaskan diri Anda dari keterikatan terhadap barang. Membiarkan sifat konsumerisme pergi akan membuat Anda merasakan kebebasan dari keserakahan, utang, bahkan obsesi dan mencari pekerjaan sampingan.

Fokus pada Kesehatan dan Hobi
Saat libur akhir pekan dan Anda masih sibuk dengan berbagai urusan, seperti membawa mobil ke bengkel untuk mengganti warnanya, itu menandakan Anda belum terbebas dari sifat konsumerisme. Semua orang selalu mengaku mereka tidak memiliki waktu yang cukup, namun berapa banyak orang yang menyadari, untuk keperluan apa saja waktu yang mereka punya? Dengan meluangkan waktu tanpa terjebak situs belanja online, Anda bisa menikmati hari-hari bersama keluarga tercinta, membaca lebih banyak buku atau sekadar olahraga bersama.

Memperoleh Kebahagiaan
Saat seseorang menggantungkan hidupnya pada kepemilikan dan takut kehilangan, stres karena banyak pikiran akan menyerang. Dengan menyederhanakan hidup, Anda tidak perlu memikirkan hal lain yang sebenarnya tidak perlu Anda pikirkan. Ketika Anda menyederhanakan hidup, kebahagiaan secara alami akan datang, dan Anda akan menemukan konsentrasi untuk fokus pada sesuatu yang menjadi prioritas dalam hidup Anda.

Tidak Takut dan Selalu Percaya Diri
Pelajaran penting yang bisa diambil dari biksu Buddha adalah mereka tidak pernah memiliki perasaan takut kehilangan, karena mereka memang tidak memiliki apa-apa. Gaya hidup minimalis membuat Anda lebih mandiri dan percaya diri untuk mendapatkan kebahagiaan sejati. Pada dasarnya, minimalis adalah gaya hidup yang berusaha mengurangi jumlah gangguan untuk fokus pada tujuan prioritas Anda yang sebenarnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.