Sukses

Terungkap, Fungsi Lingkaran Kecil di Bagian Belakang Kemeja Pria

Kemeja pria biasanya memiliki lingkaran kecil yang berada di bagian belakang, ingin tahu fungsinya?

Liputan6.com, Jakarta Di bagian belakang kemeja pria, di mana yoke bertemu dengan pleat, ada lingkaran kecil. Apakah Anda pernah memperhatikan? Pernah bertanya-tanya apa fungsi lingkaran tersebut?

Yang pasti, lingkaran kecil tersebut ada karena suatu alasan. Seperti yang dilansir dari Timesofeducation pada Selasa (26/7/2016), orang-orang di masa lalu tidak memiliki lemari dengan rak dan gantungan. Semua pakaian disimpan dengan menggunakan jepitan atau pengait. Lingkaran kecil ini membuat pakaian dapat digantung tanpa menimbulkan kusut.

Awalnya, lingkaran kecil ini digunakan oleh pelaut East Coast yang akan menggantung pakaian mereka di kapal saat sedang berganti pakaian. Detail ini kemudian tak hanya terlihat pada pakaian para pelaut, namun juga mulai ada pada pakaian masyarakat di daratan. Tren ini dimulai saat Amerika membuat kemeja Oxford dengan kancing di bagian depan pada tahun 1960-an.

Kemudian, lingkaran ini menjadi menjadi bagian dari kemeja pria dalam budaya kencan Ivy League, yaitu mahasiswa dari universitas-universitas bergengsi. Lingkaran kecil tersebut digunakan untuk menunjukkan status hubungan atau untuk menunjukkan daya tarik sang pemakai kemeja. Wanita muda akan merobek lingkaran kecil pada kemeja pria yang mereka anggap menarik. Kadang, pria merobek lingkaran kecil tersebut untuk menunjukkan bahwa ia sudah memiliki kekasih.

Tren ini pun disambut oleh berbagai merk pakaian lain hingga hari ini. Namun sejak kehadiran lemari pakaian, lingkaran kecil di kemeja pria ini tak memiliki fungsi lain selain sebagai elemen dekoratif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini