Sukses

5 Cara Praktis Sekaligus Hemat Memiliki Hewan Peliharaan

Berikut ini ada beberapa cara praktis yang bisa Anda coba agar hemat saat memilikihewan peliharaan.

Liputan6.com, Jakarta Punya rencana memiliki hewan peliharaan sendiri? Atau mungkin saat ini Anda sudah memiliki hewan peliharaan? Kata orang, memiliki hewan peliharaan seperti kucing dan anjing merupakan hobi yang memboroskan uang. Kenyataannya, tidak juga. Tergantung dari cara Anda memelihara mereka, Anda bisa menjadi boros ataupun hemat. Berikut beberapa cara praktis yang bisa Anda coba agar hemat saat memiliki hewan peliharaan:

1. Pastikan jadwal vaksin hewan peliharaan Anda 
Tidak hanya manusia, hewan peliharaan juga perlu diberi vaksin. Vaksin dapat menyelamatkan Anda dari biaya yang harus dikeluarkan jika hewan peliharaan jatuh sakit. Anda bisa mencari tahu dan berkonsultasi pada dokter hewan mengenai vaksinasi hewan peliharaan apa saja yang diperlukan, serta periode pemberian vaksin yang tepat.

2. Pelajari makanan alternatif untuk hewan peliharaan
Makanan hewan merupakan salah satu faktor yang krusial. Cobalah untuk mencari tahu tipe makanan apa saja yang tepat untuk hewan peliharaan Anda dan juga alternatif makanan alami. Sebagai alternatif makanan hewan, beberapa makanan manusia juga bisa dikonsumsi oleh mereka. Hanya saja, Anda wajib melakukan riset terlebih dahulu mengenai apa yang boleh dan tidak boleh dimakan oleh hewan.

Baca Juga

3. Pelajari keahlian perawatan hewan sendiri
Daripada Anda menghabiskan banyak uang untuk perawatan hewan di salon, cobalah untuk belajar sendiri cara merawat hewan peliharaan Anda. Misalnya, Anda dapat mempelajari sendiri cara memandikan kucing atau cara memotong kuku anjing peliharaan tanpa perlu pergi ke salon.

4. Pastikan kesehatan hewan peliharaan diperiksa secara periodik
Sama seperti vaksin, Anda perlu mengontrol kesehatan hewan peliharaan Anda ke dokter hewan secara reguler. Cobalah mencari saran dari ahli atau blog perawatan hewan mengenai frekuensi wajib pemeriksaan kesehatan hewan peliharaan Anda. Pemeriksaan kesehatan rutin akan membuat Anda hemat dari biaya berobat jika hewan jatuh sakit.

5. Hindari aksesoris hewan yang berlebihan
Banyak pemilik hewan yang ingin agar peliharaannya tampil penuh gaya, sehingga mereka sering menyulap hewan peliharaannya dengan berbagai aksesoris yang nyentrik. Hewan tidak selalu senang didandani dengan aksesoris yang aneh. Cobalah untuk menghemat dengan cara tidak membeli aksesoris hewan peliharaan secara berlebihan, kecuali jika aksesoris tersebut diperlukan untuk menunjang hidup sang hewan. Alternatif lain, buatlah sendiri aksesoris tersebut dari bahan-bahan yang murah dan gunakan kreativitas untuk membuatnya sendiri.

Untuk belanja berbagai kebutuhan hewan peliharaan dengan hemat, Anda bisa memanfaatkan kartu kredit untuk melakukannya. Kartu kredit memiliki berbagai fitur seperti cashback atau reward poin yang dapat dimanfaatkan untuk berhemat saat membeli kebutuhan atau kebutuhan hewan peliharaan. Gunakan situs perbandingan populer produk keuangan seperti HaloMoney.co.id untuk memudahkan Anda menemukan kartu kredit yang tepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.