Sukses

5 Bahan Alami Cegah Munculnya Uban

Sebelum menutupi uban dengan cat, Anda bisa mencegah munculnya rambut putih dengan 5 bahan alami ini

Liputan6.com, Jakarta Rambut yang mulai memutih atau biasa dikenal dengan uban biasanya muncul pada rentang usia melewati 40 tahun. Namun, karena aktivitas padat dan stres, kini uban bisa muncul lebih dini.

Munculnya uban dalam usia yang terbilang muda ini membuat pria dan wanita menjadi kurang percaya diri. Sebelum memutuskan untuk mengecat rambut, Anda bisa melakukan beberapa cara mencegah munculnya uban dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Seperti dilansir dari situs Boldsky, Senin (18/7/2016), berikut lima bahan alami yang dapat mencegah uban tumbuh di rambut Anda.

1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung antioksidan yang berfungsi membantu rambut tumbuh dengan sehat dan memperbaiki kerusakan pada rambut. Selain itu minyak kelapa yang diminum juga dapat melancarkan peredaran darah yang secara langsung dapat mempengaruhi kondisi rambut dan menjaga warna alami rambut Anda.

2. Teh Hitam

Teh hitam merupakan pewarna rambut alami. Dengan rutin mengonsumsi teh hitam dapat membantu tubuh memproduksi melanin lebih banyak sehingga uban tidak mudah muncul.

3. Inai

Banyak yang belum mengetahui fungsi lain dari pewarna kuku inai. Selain memberikan warna yang menarik pada kuku, inai ternyata juga dapat membantu mewarnai rambut untuk mencegah tumbuhnya uban sejak dini. Inai memberikan warna gelap pada rambut. Dengan mengaplikasikan inai pada rambut juga dapat melembabkan rambut secara alami.

4. Kopi

Sama halnya dengan inai dan teh hitam, kopi juga berfungsi sebagai pewarna rambut alami. Anda dapat mengaplikasikannya pada rambut beruban secara rutin untuk mencegah datangnya salah satu tanda penuaan pada rambut ini.

3. Jahe

Selain berfungsi menghangatkan badan saat demam atau kedinginan, jahe juga memiliki manfaat sebagai pewarna rambut alami. Konsumsi jahe yang dihaluskan sebanyak satu sendok teh dan campurkan dengan madu secukupnya. Hal ini dapat membantu Anda dalam mencegah tumbuhnya uban. Selamat mencoba.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini