Sukses

Seberapa Sering Bra Harus Dicuci?

Berikut tips merawat bra agar tidak berubah bentuk dan bertahan lebih lama.

Liputan6.com, Jakarta Merawat bra ternyata memiliki tips dan trik tersendiri. Berbeda dengan merawat pakaian pada umumnya, ternyata selama ini banyak wanita mencuci bra dengan cara yang salah. Selain itu, banyak juga wanita yang mengenakan ukuran dan model bra yang salah.

Seperti dilansir dari Huffingtonpost.com, Rabu (13/7/2016) berikut 10 tips merawat dan memilih bra yang tepat, menurut ahli dari perusahaan baju dalam terkemuka asal Inggris, Rigby & Peller.

1. Anda tidak mengecek ukuran secara rutin

Jika terakhir Anda mengukur badan untuk memastikan cup bra yang tepat di bangku sekolah, sebaiknya sekarang Anda harus mengecek kembali. Karena, ketika Anda bertambah umur, ukuran dan bentuk badan Anda juga berubah. Entah itu karena perubahan berat badan, hamil, dan lainnya. Lebih baik, mengecek ukuran payudara tiap 6 hingga 8 bulan sekali.

2. Membuat busana terlihat tidak sesuai

Busana yang terlihat tidak sesuai di badan, bisa juga disebabkan oleh pakaian dalam yang tidak tepat. Anda membutuhkan baju dalam yang dapat menyokong tubuh Anda dengan pas. Jika lingkar pengikat bra yang dipilih pas dan tidak longgar, otomatis payudara terletak sesuai pada bentuknya. Dengan begitu, saat memakai busana juga terlihat lebih pas.

3. Mengecilkan tali bra ketika terasa longgar

Wanita akan otomatis mengecilkan tali bra ketika merasa bra lebih longgar. Padahal sebenarnya, bagian paling penting dalam bra adalah lingkar pengikatnya. Jika lingkar pengikat sudah longgar, berarti bra Anda sudah perlu diganti.

4. Anda tidak mencuci bra secara rutin

Kapan Anda biasa mencuci bra? Seminggu sekali? Atau setiap hari? Menurut ahli, mencuci bra yang tepat adalah setiap 3 kali pemakaian. Dan sebaiknya pemakaiannya tidak dipakai 3 kali berturut-turut, melainkan bergantian dengan bra yang lain. Perhatikan juga jika Anda sedang melakukan aktifitas yang berkeringat, Anda harus mencuci bra lebih sering.

5. Mencuci bra dengan cara yang salah

Sebaiknya, cuci bra Anda menggunakan tangan. Memang kebiasaan ini sulit dilakukan, apalagi ketika memiliki kesibukan yang tidak memungkinkan Anda untuk meluangkan waktu khusus mencuci pakaian dalam. Jika Anda terpaksa mencuci di mesin, pilih putaran mesih yang paling lembut, atau mode hand wash. Letakkan bra pada kantong, dan masukkan ke mesin cuci. Pilihan sabun juga memengaruhi usia bra Anda, gunakan sabun yang lembut yang biasa digunakan untuk mencuci baju renang.

6. Ukuran bra yang tidak sama diantara payudara Anda adalah hal yang normal

Kebanyakan wanita memiliki satu payudara yang lebih besar dari yang lainnya. Jika terdapat ruang kosong di payudara yang lebih kecil pada bra Anda, itu hal yang normal.

7. Tiap merek memiliki ukuran yang berbeda

Di tiap merek, bahkan di tiap negara, memiliki ukuran bra yang berbeda. Sama hal dengan sepatu, mereka memiliki ukuran US dan UK. Maka dari itu, pastikan Anda mencoba kembali ketika ingin membeli bra dengan merek yang berbeda.

8. Jika ingin mengenakan bra saat tidur, pilih yang tepat

Jika Anda ingin memakai bra saat tidur, para ahli menyarankan agar memilih sport bra. Jenis ini memiliki sokongan yang tepat tanpa menekan bagian tubuh Anda saat istirahat.

9. Anda tidak memakai semua bra yang ada di lemari

Faktanya, wanita hanya memakai 2 dari 10 bra yang mereka miliki. Sehingga, lebih baik memiliki bra dengan jumlah lebih sedikit, dan merawatnya dengan baik.

10. Perhatikan kondisi bra Anda lebih baik lagi

Memakai bra yang tepat akan membuat perasaan Anda jauh lebih baik. Maka dari itu, beri perhatian lebih untuk merawat bra.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.