Sukses

Korea Raih Peringkat Kedua "Global Meetings" versi UIA

Korea menduduki peringkat ke-2 sebagai tujuan utama penyelenggaraan kongres global selama tahun 2015.

Liputan6.com, Jakarta Korea menduduki peringkat ke-2 sebagai tujuan utama penyelenggaraan kongres global selama tahun 2015. Hal ini berdasarkan laporan terbaru Statistik Pertemuan Internasional (International Meetings Statistic) yang dikeluarkan oleh Union of International Association (UIA),

Dalam laporan tersebut menunjukkan Korea meraih peringkat ke-2 dibawah Amerika dengan jumlah 891 pertemuan, naik sebanyak 40 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Di tingkat Asia, Korea menduduki peringkat ke-1 dengan menyumbang 7.5 persen dari seluruh pertemuan yang diadakan di seluruh dunia di periode yang sama. Hasil ini mencerminkan minat berkelanjutan terhadap Korea, ditandai dengan adanya kenaikan tujuan pertemuan di daerah yang beragam.

Seoul, sebagai ibu kota negara, juga terlihat memperbaiki peringkat top 5 UIA yang sudah lama didudukinya, naik dari peringkat ke-5 menjadi peringkat ke-3 dengan penyelenggaran 494 pertemuan di tahun 2015 atau naik 98.4 persen dibandingkan tahun 2014 yang hanya melenggarakan 249 pertemuan.

Sementara itu, Busan, kota terbesar kedua di Korea, meraih peringkat ke-11 kota global dengan 150 pertemuan. Selain itu, Pulau Jeju, yang dikenal sebagai tempat bagi berbagai macam Warisan Dunia UNESCO menduduki peringkat ke-19 dengan 112 pertemuan di tahun 2015.

Executive Director Korea MICE Bureau (KMB), Kee Hun Kim, mengatakan temuan UAI ini menunjukan daya tarik Korea untuk kegiatan bisnis danwisata, yang didukung oleh daya tarik budaya dan kemampuan MICE yang terus tumbuh.

"Kami tentu saja akan terus bekerja secara aktif untuk membuat Korea menjadi tuan rumah berbagai kongres global, dan menjadi Negara dengan kekayaan destinasi yang menampilkan atraksi dan venue dengan cirri khasnya sendiri,” ujar Kee Hun Kim seperti dalam rilisnya.

Pertumbuhan infrastruktur Korea telah memainkan peran penting dalam meningkatkan daya saing MICE Korea, termasuk perluasan fasilitas untuk Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang 2018 di provinsi Gangwon, dan ekspansi tuan rumah Korea MICE Expo terbaru yaitu Songdo Convensi A di International Business District, Incheon.

Selain itu, terdapat fasilitas konvensi regional terbaru, termasuk Asia Culture Center di Gwangju dan Hwabaek International Convention Center (HICO) di area yang kaya dengan warisan dunia UNESCO, Gyeongju.

Profil konvensi tahunan Korea secara teratur meliputi berbagai kongres internasional, yang masing – masing mendapatkan keuntungan dari berbagai program dukungan khususnya catering untuk pertemuan skala besar, dari divisi KMB Korea Tourism Organization (KTO). Selain itu, termasuk juga tur kota gratis untuk delegasi, pesan sambutan selamat datang di bandara, spanduk dan suvenir, stan pengalaman budaya di venue, dan masih banyak lagi perangkat tambahan lainnya.

Acara besar terbaru yang didukung oleh KMB diantaranya adalah 2015’s INC Conference & CNR, 7th World Water Forum, 25th World Road Congress Seoul, dan bulan lalu ada Rotary International Convention yang dihadiri oleh 50.000 peserta, yang 21.000 diantaranya adalah peserta asing.

Untuk laporan lengkap terkait Statistik Pertemuan Internasional UIA dapat diakses di laman resmi berikut www.uia.org.

(*)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini