Sukses

5 Jajanan Khas Kota Solo yang Bikin Ketagihan

Pastikan Anda tidak melewatkan 5 jajanan khas berikut ini, saat berkunjung ke kota Solo.

Liputan6.com, Jakarta Kota Solo menyimpan segudang destinasi wisata kuliner yang begitu nikmat. Khas dengan aneka masakan yang menggunakan santan hingga kecap manis, beragam menu jajanan kuliner tersaji dan selalu sukses membuat ketagihan. Biasanya kuliner kota Solo memiliki cita rasa gurih, manis dan sedikit pedas. Aneka olahan bumbu dari buah kelapa pun menjadi salah satu kunci utama dari masakan-masakan khas kota Solo.

Baca Juga

Untuk Anda yang akan berkunjung ke kota Solo saat mudik lebaran atau sekedar berlibur, pastikan Anda mencicipi 5 jenis jajanan khas kota Solo berikut yang berhasil dirangkum oleh tim Lipunta6.com dari berbagai sumber pada Selasa (5/7/2016). Kelima jajanan ini juga menjadi menu kuliner favorit dari Presiden Jokowi yang berasal dari Solo.

1. Nasi Liwet

Nasi Liwet

Nasi liwet merupakan nasi gurih yang disajikan dengan saur labu siam, suwiran ayam, dan kuah areh atau kumut (bubur gurih yang terbuat dari kelapa). Menu nasi liwet biasa disajikan untuk sarapan pagi, makan siang bahkan hingga malam hari. Nasi liwet dapat dengan mudah ditemui di warung lesehan daerah Keprabon, Solo mulai sore hari. Perpaduan sayur labu siam yang sedikit pedas, gurihnya nasi dan tambahan lauk pauk lainnya di atas sehelai daun pisang membuat menu ini begitu nikmat. 

2. Tengkleng

Tengkleng Kambing (Foto: soloraya.com)

Sup daging kambing yang lengkap dengan jeroannya ini sekilas terasa seperti gulai kambing namun dengan kuah yang lebih encer. Daging dimasak 4 hingga 5 jam, tak heran teksturnya yang empuk begitu nikmat disajikan dengan kuah hangat yang khas dengan bumbu rempah-rempah seperti, lengkuas, daun salam, jahe, kunyit, ketumbar, kemiri dan masih banyak lagi. Tengkleng biasa disajikan dengan potongan cabai rawit merah untuk menambah sensasi pedas.

3. Gudeg Ceker

Gudeng Ceker (Foto: ensiklopediaindonesia.com)

Gudeg ceker khas kota solo ini bisa ditemui di Jalan Monginsidi. Pada area ini terkenal gudeg ceker Margoyudan, diambil dari sebuah nama gang kecil di jalan Monginsidi. Satu porsi terdiri dari 4 potong ceker ayam, ati ampela, nasi gudeng, sambal kerecek. Rasanya asin dan gurih, ceker direbus cukup lama dengan kuah santan hingga tulang dan dagingnya yang bertekstur empuk mudah terlepas. 

4. Serabi Solo Notosuman 

Serabi Solo Notosuman (Foto: soloraya.com)

Serabi Solo adalah salah satu jajanan pasar atau kudapan yang wajib Anda coba saat berkunjung ke Solo. Kue ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan, dan dimasak dengaan wajan mungil di atas arang. Cara memasaknya mirip dengan tahapan memasak pancake. Kandungan santan kelapa yang ada dalam adonan membuat serabi terasa gurih. Beragam topping menjadi pilihan untuk memperkaya rasa, mulai dari potongan buah pisang, nangka, keju atau taburan cokelat dapat Anda pilih. Serabi Notosuman menjadi salah satu kudapan yang bisa Anda beli untuk oleh-oleh. 

5. Sate Buntel

Sate Buntel (Foto: indonesiana.merahputih.com)

Sekilas sate yang satu ini terlihat seperti daging kebab. Sate buntel yang terbuat dari adonan daging kambing cincang dan dibungkus dengan lemak kambing ini begitu diminati banyak orang. Aromanya yang sedap tercium ketika satu buntel mulai dibakar. Bumbu sate buntel terbilang cukup sederhana, terdiri dari garam, bawang, merica dan kecap manis. Namun lemak kambing yang menyelimuti adonan daging cincang, menjadi kunci utama masakan ini terasa nikmat. Biasanya irisan cabai rawit, bawang merah, kol dan tomat menjadi pendamping sate buntel. Warung sate buntel daging kambing dapat dijumpai daerah di Jl. Sutan Syahrir, Widuran Solo.

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.