Sukses

Apa Foundation Anda Sudah Tepat? Hal Ini Akan Memberitahunya

Memilih foundation tidak lagi terasa sulit, jika Anda menerapkan beberapa panduan berikut ini. Simak panduannya di sini.

Liputan6.com, Jakarta Menemukan foundation yang sesuai dengan kulit mungkin adalah pekerjaan tersulit yang pernah Anda hadapi. Mungkin Anda juga sering mengalami melihat warna foundation yang tampaknya sesuai, namun setelah diaplikasikan Anda tidak lagi merasa puas.

Sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi, dilansir dari marieclaire.com, Sabtu (2/7/2016), berikut ini adalah beberapa panduan untuk memilih foundation yang tepat untuk kulit Anda.

1. Coba foundation di siang hari
Jika Anda ingin mendapatkan warna foundation yang tepat untuk kulit Anda, cobalah untuk aplikasikan di siang hari dengan sinar dari matahari. Sinar matahari membuat Anda lebih mudah untuk mendeteksi perbandingan warna yang sesungguhnya. Sedangkan, jika Anda mencoba di malam hari, gunakan lampu LED.
Anda disarankan untuk waspada terhadap lampu-lampu di toko.

2. Sesuaikan warna wajah, rahang, dan leher
Sebenarnya bagian yang memerlukan lebih banyak perhatian adalah wajah, karena semua kegiatan tata rias berpusat di sana. Namun, tidak ada salahnya Anda juga harus memastikan foundation tersebut sesuai jika diaplikasikan di rahang dan leher.
Sekali lagi, waktu terbaik untuk mencoba foundation adalah di siang hari.

3. Sesuaikan dengan warna undertone

3 Warna undertone kulit. Sumber : marieclaire.com

Undertone memang membingungkan, namun ini penting untuk Anda pahami. Berikut rumus untuk mengetahui warna undertone Anda :
- Cool (Kebiruan) : Anda memiliki warna undertone yang merah muda, merah, dan biru. Seringkali, urat biru atau ungu dapat menjadi indikator yang paling jelas untuk Anda.
- Neutral (Kehijauan) : Ini berarti warna Anda tidak cool, juga tidak warm, namun berada di tengah-tengah. Tanda-tanda yang dapat diperhatikan adalah ketika daerah Y pada wajah mengeluarkan keringat ketika terkena sinar matahari atau ketika pembuluh darah Anda berwarna biru atau hijau.
- Warm (Kekuningan) : Kulit Anda cenderung kekuningan atau berwarna peach dengan pembuluh darah berwarna hijau. Kulit Anda akan tampak berona kuning di bawah matahari.

Para makeup artist ternama menyarankan Anda untuk memakai kaos putih atau hanya mengenakan handuk ketika akan mengidentifikasi warna undertone.

4. Tidak berat seperti concealer
Foundation dan concealer dipisah karena alasan tertentu. Jika Anda ingin menerapkan makeup yang ringan, gunakan foundation. Namun, jika banyak bintik-bintik atau kekurangan di wajah yang ingin ditutupi, maka sebaiknya Anda menambahkan concealer.
Foundation masih memungkinkan kulit Anda untuk bernapas, karena ia tidak akan memblokir pori-pori.

5. Pilih yang sesuai dengan jenis kulit
Entah itu kulit kering, berminyak, dan sensitif, semua memiliki kebutuhan yang berbeda, sehingga memilih foundation juga harus disesuaikan dengan jenis kulit Anda, agar tidak terjadi kerusakan, seperti jerawat.

6. Cintai kulit Anda
Karena foundation ini akan Anda gunakan sepanjang hari, bahkan mungkin Anda perlu memoles sampai dua kali dalam sehari.
Namun, jika setelah digunakan selama beberapa jam dan kulit Anda mengering, maka foundation tersebut tidak sesuai dengan jenis kulit Anda.

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.