Sukses

Indonesia Miliki 21 Destinasi Wisata Lebaran

Menpar Arief Yahya mengungkapkan Indonesia memiliki 21 destinasi wisata lebaran 2016 yang sayang untuk dilewatkan.

Liputan6.com, Jakarta Libur panjang sudah mulai terasa. Liburan hari raya lebaran tahun 2016 ini bertepatan dengan liburan sekolah. Momentum ini tentu dapat dimanfaatkan dengan berlibur bersama keluarga. Menteri Pariwisata Arief Yahya juga mengungkapkan hal serupa, Menteri Arief mengajak masyarakat Indonesia mengeksplor destinasi wisata di Indonesia dengan program Pesona Lebaran 2016.

“Pesona Lebaran 2016 dapat dimanfaatkan sebagai liburan keluarga agar lebih berkualitas,” kata Menpar Arief Yahya dalam dialog dan silaturahmi dengan wartawan yang tergabung dalam Forum Wartawan Pariwisata (Forwarpar) di acara buka puasa bersama di Hotel Novotel Gajahmada Jakarta, Senin (27/10).

Pesona Lebaran 2016

Untuk memanfaatkan momentum liburan hari raya Lebaran 2016 menjadi liburan keluarga yang berkualitas seperti yang dicanangkan, Kemenpar membuat panduan paket Pesona Lebaran 2016 di kota-kota di Jawa dan di luar Jawa-Bali. Ketika masyarakat berlibur ke destinasi wisata dapat memanfaatkan secara maksimal dengan mengunjungi destinasi unggulan di kota masing-masing bisa berupa obyek sejarah, budaya, taman hiburan, maupun kuliner yang ada di daerah tersebut.

Hutan Mangrove Wonorejo adalah wisata alam terbaik di Surabaya (Foto: indoturs.com)

Menpar Arief Yahya menjelaskan, dalam Pesona Lebaran 2016 ada 21 destinasi yang masing-masing memiliki 10 destinasi wisata unggulan atau paling populer yang wajib dikunjungi. Destinasi wisata tersebut diantaranya Aceh, Banten, Bintan, Cipanas, Cirebon, Geopark Ciletuh, Jakarta, Jatim, Jepara, Jogya, Kudus, Labuhan Bajo, Solo, Sukabumi, Sumbar, Surabaya, Tasik, Tegal, Semarang, Bogor, dan Pekalongan.

“Kalau kita mengunjungi suatu daerah, sebaiknya 1 sampai 10 titik sebagai Pesona Lebaran 2016 ini jangan sampai dilewatkan,” kata Arief Yahya.

Kabupaten Aceh Besar, salah satu penyumbang tempat keren untuk pariwisata Aceh.

Arief Yahya memberikan contoh, jika Anda dan keluarga ingin liburan Lebaran di Aceh ada 10 top distinasi yang wajib dikunjungi yaitu; Monumen Kilometer Nol RI Sabang, Pantai Iboih Sabang, Pantai Anoi Itam Sabang, Museum Tsunami Banda Aceh, Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, PLTD Apung Banda Aceh, Pantai Lampuuk Aceh Besar, Danau Laut Tawar Aceh Tengah, Pacu Kude Gayo, dan Komplek Kerajaan Samudera Pasai Aceh Utara.

Sebagai ibukota provinsi Jawa Timur, Surabaya merupakan pusat perekonomian di Timur Jawa.

Begitu pula ketika Lebaran di Surabaya, Jawa Timur, jangan lewatkan mengunjungi 7 destinasi wisata unggulan (antara lain House of Sampoerna, Kampung Arab Sunan Ampel, Jembatan Suramadu), mencicipi 7 kuliner (antara lain; rawon, rujak cingur, tahu campur), serta 7 simbol Kota P ahlawan (antara lain; tugu pahlawan, museum WR. Soepratman, Monumen Jalesveva Jayamahe). Anda juga dapat mengikuti panduan Pesona Lebaran 2016 ini di kota Anda. Selamat berlibur.

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

http://ramadhan.liputan6.com/?utm_source=Direct&utm_medium=ContentPromotion&utm_campaign=Ramadan_Festival

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.