Sukses

Kapan Waktu yang Tepat Menghapus Mantan dari Facebook?

Masih ragu menghapus pertemanan dengan mantan kekasih di Facebook, simak alasan mengapa Anda harus melakukannya sekarang juga.

Liputan6.com, Jakarta Setelah mengalami putus cinta, sebenarnya ada banyak pertanyaan yang seharusnya Anda berikan kepada diri Anda sendiri. Salah satu yang paling penting adalah "Haruskah Anda dan mantan kekasih tetap berteman?"

Di dunia yang serba digital ini, mungkin akan sangat mudah untuk terhubung dengan semua orang di media sosial.
Namun, jika sampai saat ini Anda masih juga berteman dengan mantan di Facebook, dilansir dari collegecandy.com, Rabu (22/6/2016) ini adalah lima alasan yang harus Anda pertimbangkan untuk menghapus mantan dari Facebook.

1. Mengganggu
Bukan sekedar menjadi teman di Facebook, adanya mantan di media sosial menjadi kesempatan Anda untuk tetap mencari tahu tentang dirinya atau stalking.
Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal berjudul Cyberpsychology, Behavior and Social Networking, mencari tahu kehidupan mantan kekasih atau melakukan berbagai hal di media sosial dengan harapan matan akan merasa cemburu dapat menyebabkan adanya peningkatan perasaan obsesif yang tidak rasional.

2. Hanya akan membuat diri sendiri tidak nyaman
Bila sampai saat ini Anda masih berteman dengan mantan kekasih di Facebook, mungkin hal ini akan membuat Anda berpikir bahwa Anda masih memiliki kesempatan.
Dalam sebuah studi yang sama disebutkan bahwa pertemanan dan kegiatan stalking mantan kekasih yang dilakukan di Facebook hanya membuat tekanan yang lebih besar tentang perpisahan, perasaan negatif, hasrat seksual, dan kerinduan terhadap mantan. Hal ini otomatis membuat pertumbuhan pribadi Anda menjadi lambat.

3. Akan merasa lebih bahagia
Percayalah, menurut data dari sebuah studi Match.com’s Singles in America yang melakukan survei terhadap 5.500 single dewasa pada tahun 2015 menyatakan bahwa orang-orang yang tidak lagi mencari tahu tentang mantan kekasih melalui media sosial menjadi 73% jauh lebih bahagia daripada orang-orang yang masih melakukannya.

4. Tidak ada tekanan untuk move on
Anda tentunya pernah merasakan efek media sosial. Semua orang tampak sangat bersenang-senang di sana. Namun, kenyataannya mungkin tidak se-dramatis itu, termasuk jika Anda masih melihat seluruh kegiatan yang diunggah oleh mantan kekasih.
Hal ini tentu membuat Anda sulit untuk menghargai kehidupan Anda sendiri. Anda harus merasa sempurna dan siap untuk bergerak melakukan hal apa saja yang Anda suka.

5. Salah satu tanda dari psikopat
Mengapa Anda masih saja berteman dengan mantan kekasih di Facebook? Banyak orang berpendapat bahwa ini akan menjadi keuntungan tersendiri di masa depan.
Dalam sebuah studi, orang-orang yang mengatakan bahwa berteman dengan mantan kekasih di Facebook dapat membuat diri mereka merasa aman dan sentimental serta dianggap menunjukkan perilaku psikopat dan narsis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini