Sukses

4 Langkah Mudah untuk Rambut Hitam Berkilau

Rambut hitam berkilau jadi idaman banyak wanita, simak langkah-langkah mendapatkannya.

Liputan6.com, Jakarta Rambut yang hitam berkilau selalu membuat wanita terlihat makin memesona. Bagi Anda yang mengidamkan rambut indah seperti yang sering ditampilkan di iklan sampo, coba tips berikut yang dilansir dari popsugar.com pada Senin (20/6/2016).

1. Pakai glossing serum

Glossing serum mengandung partikel silika yang yang memantulkan sinar sehingga membuat rambut terlihat mengilap. Gunakan sedikit sebelum rambut di-blow dan sedikit lagi saat rambut sudah kering sempurna. Jangan gunakan di akar agar tak lepek. Alternatif lain dari glossing serum adalah minyak rambut seperti argan oil ataupun glossing cream. Minyak rambut maupun glossing cream lebih sesuai untuk rambut yang tebal ataupun kasar karena tekstur dari glossing cream dan hair oil yang lebih berat dibanding glossing Oil.

2. Blow lurus

Rambut lurus akan terlihat mengilap karena di rambut lurus kutikulanya semua ‘terbaring’ rata dan rapat, hingga memantulkan cahaya saat terkena sinar. Untuk memudahkan Anda melakkukan blow lurus, pilih sampo dan kondisioner yang mampu meminimalkan frizzy atau anak-anak rambut sekaligus menjaga kelembapan rambut. Biasanya sampo dan kondisioner ini memiliki fungsi smoothing pada kemasannya. Gunakan juga pengering rambut maupun catok lurus dengan teknologi ionic agar hasil akhir blowdry lebih sempurna lurusnya.

3. Gunakan cuka

Cuka, terutama cuka apel (apple cider vinegar) mengandung asam asetat yang mampu menghilangkan sisa-sisa kotoran yang menumpuk di rambut. Campur cuka di kondisioner dengan perbandingan 1:2, gunakan di rambut setelah keramas dan bilas sesudahnya. Atau, campur satu sendok teh cuka pada satu gayung air dan siramkan pada rambut. Bilas rambut untuk kedua kalinya untuk menghilangkan bau.

4. Minimalkan layer

Rambut dengan banyak layer tak akan bisa terlihat berkilau seperti rambut yang potongannya rata seperti bob. Hal ini disebabkan oleh rambut yang potongannya rata, semua helai rambutnya rapat satu dengan yang lain hingga kutikula di tiap helai rambut tersebut juga rapat dan rata dan memudahkan sinar untuk terpantul. Sedangkan pada gaya rambut layer, helai-helai rambutnya tak rapat dan terpisah-pisah sehingga kutikulanya pun tak rapat satu dengan yang lain dan ini membuat cahaya tak memantul maksimal.

(Ardi Suryaatmaja)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.