Sukses

Ingin Pegawainya Pulang Tepat Waktu, Kantor Ini Pakai Cara Unik

Sebuah kantor biro iklan di Belanda punya cara unik agar pegawainya pulang tepat waktu.

Liputan6.com, Jakarta Belanda dikenal sebagai negara yang memiliki waktu kerja paling singkat di dunia, yaitu 4 hari dalam seminggu. Negara Kincir Angin ini menerapkan waktu kerja hanya sekitar 29 jam dalam seminggu atau sekitar 7 jam serta rata-rata penghasilan per tahun mencapai 47 ribu dolar atau Rp 628 juta.

Dikutip dari CNN.com pada Senin (20/6/2016), sekitar 86 persen ibu rumah tangga hanya bekerja 34 jam atau kurang dalam seminggu sedangkan para suaminya hanya bekerja rata-rata 12 persen lebih rendah dari para wanita. Aturan tersebut dibuat untuk menciptakan keseimbangan kehidupan para pekerjanya antara jam kerja dan libur.

Begitu pula dengan salah satu perusahaan agen periklanan di Belanda ini yang memiliki cara radikal untuk memastikan para pekerjanya pulang tepat waktu. Tepat pada pukul 18.00, meja dan peralatan komputer yang ada di kantor tersebut terangkat oleh katrol mesin sehingga mau tidak mau kegiatan bekerja pun harus dihentikan.

Seperti dilansir dari BBC.com, pemimpin perusahaan tersebut mengatakan cara unik ini adalah bagian dari ritual untuk memberi perhatian pada para pekerja bahwa harus ada waktu antara bekerja dan istirahat. Dengan sistem tersebut, Belanda mendapat predikat sebagai negara yang memiliki keseimbangan waktu kerja terbaik di dunia.

Pegawai di Belanda pun diberi kebebasan untuk mengatur waktu jam kerja, sesuai dengan kebutuhan dan prioritas pribadi masing-masing sejak tahun 2000. Hal ini pun disinyalir berdampak besar pada budaya kerja di negara tersebut di mana angkatan kerja lebih memilih perusahaan dengan jam kerja terpendek.

Melalui video berikut ini, Anda bisa melihat bagaimana salah satu perusahaan agen periklanan ini menerapkan sistem kerjanya yang terbilang unik dan menguntungkan kedua belah pihak. Berikut video selengkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.