Sukses

Taman Wisata Ini Sulap Bus Rongsok Jadi Hotel Mewah

Taman bermain di Tiongkok berhasil menyulap bus rongsokan menjadi hotel mewah yang banyak dikunjungi wisatawan.

Liputan6.com, Jakarta Mengolah barang rongsokan yang sudah tak lagi terpakai merupakan salah satu upaya untuk mengurangi limbah dan melestarikan lingkungan. Seperti yang dilakukan oleh taman bermain Tai-Tai Mountain Park di Taiyuan, Provinsi Shanxi, Tiongkok terhadap bus-bus rongsokan ini.

Pemilik taman wisata tersebut, Guolin Han memanfaatkan kembali 30 bus rongsokan dan menyulapnya menjadi hotel mini bagi para pengunjung. Setiap bus tersebut mengalami rekondisi menjadi ruangan mewah yang lengkap dengan dapur pribadi, kamar mandi, dan ruang tidur.

Seperti dilansir dari laman CNN,Kamis (15/6/2016), interior bus mendapat sentuhan warna-warna cerah yang memanjakan keluarga yang berkunjung ke taman wisata tersebut. Selain itu masing-masing hotel bus memiliki tema masing-masing yang salah satunya menggambarkan karakter kartun, seperti Mickey Mouse, Hello Kitty, dan Doraemon.

Tak hanya interior, eksterior bus tersebut juga mendapat sentuhan rekondisi berbentuk mural karakter kartun untuk menarik perhatian para pengunjung, khususnya anak-anak. Menurut Guolin, rongsokan bus tersebut dibelinya dengan harga yang murah karena telah menjadi limbah.

Bus rongsokan ini diubah dengan tema beberapa karakter kartun, seperti Hello Kitty, Doraemon, dan Micky Mouse (sumber CNN.com)

Guolin menghabisakan dana lebih dari 9 ribu dolar AS atau sekitar Rp 120 juta untuk mengubah rongsokan bus tersebut menjadi hotel mini dan mengembalikan nilai ekonominya. Jika Anda berminat untuk menginap di hotel bus tersebut, Guolin mematok tarif 43 dolar AS atau sekitar Rp 574 ribu per malam.

Interior bus dilengkapi dengan ruang tidur dan toilet (sumber CNN.com)

Sejak dibuka pada bulan Mei lalu, taman wisata tersebut mendapatkan pemasukan yang bertambah dan memperluas segmentasi pengunjung tak hanya keluarga, tetapi juga pasangan. Rencananya pada Juli mendatang, Guolin akan melakukan hal yang sama pada 200 kendaraan dari berbagai jenis selain bus, seperti traktor, truk, atau mungkin pesawat.

Selain menambah nilai ekonomi, wakil Presiden Tai Tai Mountain Park, Chongfeng Yue memiliki maksud lain dari rekondisi bus tersebut. Chongfeng ingin membudidayakan kendaraan bekas tersebut dan dijadikan wisata museum.

Pemilik taman bermain Tai Tai Mountain Park menggelontorkan Rp 120 juta untuk proses rekondisi (sumber CNN.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini