Sukses

11 Hal yang Harus Anda Ketahui tentang Orang Depresi

Menghadapi orang depresi bukanlah sesuatu hal yang mudah, Anda harus memerhatikan beberapa hal berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Depresi, mungkin menjadi satu kata yang mengerikan untuk didengar, tidak terbayangkan jika Anda mengalaminya. Namun, bagaimana jika Anda menghadapi orang terdekat Anda sedang mengalami depresi?

Siapa pun itu, menghadapi orang depresi bukanlah satu hal yang mudah untuk dilakukan, namun bukan berarti tidak mungkin. Dilansir dari cosmopolitan.com, Sabtu (18/6/2016), berikut adalah beberapa hal yang harus Anda ketahui mengenai orang yang mengalami depresi.

1. Jika ia tiba-tiba membatalkan janjinya, Anda tidak perlu merasa sakit hati. Ia hanya merasa terlalu berat untuk meninggalkan rumah dengan keadaan perasaan yang kacau.

2. Mengingatkannya tentang hidup yang baik tidak begitu saja membuatnya merasa lebih baik. Satu hal yang pasti dilakukan banyak orang ketika berhadapan dengan orang depresi adalah berusaha memberikan pengertian bahwa hidupnya tidak benar-benar buruk. Terkadang cara ini berhasil, namun terkadang pernyataan ini semakin membuat orang tersebut merasa buruk.

3. Jika sesuatu yang benar-benar buruk terjadi pada diri Anda dan ia tidak merespon, jangan anggap ini sebagai masalah. Orang depresi memiliki masalah untuk membuat baik dirinya sendiri, sehingga seringkali dirinya merasa kesulitan atau tidak percaya diri untuk menolong orang lain. Ia hanya tidak ingin membuat Anda semakin sulit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Menghadapi Orang Depresi

4. Jangan pernah berbicara dengan orang depresi bahwa perasaan depresi mereka adalah sesuatu yang bisa dikalahkan. Mereka sedang merasa depresi, bukan melakukan pertempuran. Ini bukan tentang menang atau kalah, ini tentang bagaimana mereka dapat mengelola perasaan mereka.

5. Jangan pernah mengatakan kepada orang depresi bahwa mereka bukan orang yang menyenangkan. Orang depresi berusaha melakukan yang terbaik kapan pun dan di mana pun saat bersama dengan banyak orang. Namun, ketika pada akhirnya ia tetap bukan orang yang menyenangkan, jangan katakan pada mereka. Percayalah, mereka telah berusaha sebaik mungkin.

6. Memiliki penyakit mental bukanlah sesuatu hal yang keren. Walaupun banyak lagu cinta yang mengatakan bahwa bunuh diri dengan romantis tampaknya menyenangkan, namun percayalah bahwa penyakit mental bukan sesuatu yang harus dibanggakan.

3 dari 3 halaman

Tips Berhubungan dengan Orang Depresi

7. Orang-orang memiliki perasaan yang berbeda-beda, jadi jangan pernah membandingkan tingkat depresi satu orang dengan orang lainnya. Seseorang merasa tertekan untuk alasan yang berbeda atau tanpa alasan sama sekali. Setiap orang memiliki mekanisme perasaan yang berbeda.

8. Jangan katakan padanya untuk meminum obat tertentu. Orang depresi paling membenci hal ini, tidak peduli apa latar belakang Anda.

9. Terkadang, hanya hal-hal kecil yang bisa membuat orang depresi merasa bahagia. Apakah itu pesan manis dari orang yang ia cintai atau mendapatkan undangan dari kawan lama, hal-hal kecil yang dapat membuat mereka merasa bahagia seketika.

10. Jangan pernah memberitahu mereka bagaimana caranya untuk menangani perasaan depresi yang mereka alami. Mereka lebih memahaminya daripada Anda, percayalah.

11. Orang depresi bukanlah perasaan depresi itu sendiri. Mereka hanya memiliki penyakit, mereka masih bisa membedakan berbagai perasaan yang mereka alami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini