Sukses

Alasan Terbaik untuk Meditasi Setiap Pagi

Bukan rahasia, meditasi jadi solusi untuk menenangkan pikiran dan tingkatkan produktivitas.

Liputan6.com, Jakarta Menjalani rutinitas setiap hari tak ayal membuat sebagian orang mulai mengalami kebosanan, stres, dan merasa diri mereka tertekan. Hal tersebut berdampak pada produktivitas dalam pekerjaan mereka.

Beberapa cara bisa menjadi solusi untuk meningkatkan produktivitas dan menjaga mood ketika bekerja sehingga memberi hasil maksimal. Meditasi merupakan salah satu solusi untuk menenangkan pikiran dan perasaan sehingga Anda bisa mengawali serta menjalani hari dengan baik.

Seperti dilansir dari Huffingtonpost.com pada Kamis (16/6/2016), Liputan6.com merangkum beberapa alasan mengapa Anda harus melakukan meditasi setiap pagi hari.

1. Membangun rutinitas

Membangun rutinitas (Via: huffingpost.com)

Bermeditasi setiap pagi adalah cara sederhana untuk mengatur nuansa positif saat menjalani hari Anda. Menurut seorang ahli jantung dan profesor di University of Cincinnati College of Medicine, Dr Mehran Attari, mengatakan bahwa meluangkan waktu paling tidak lima menit untuk bermeditasi akan memberikan dampak positif bagi tubuh, jiwa, dan mental seseorang.

2. Mengatur kondisi kesehatan

Mengatur kondisi kesehatan (sumber. Huffingtonpost.com)

Para ahli di dunia medis, seperti dokter serta psikolog mengakui bahwa meditasi termasuk ke dalam salah satu cara efektif untuk mengatur kesehatan agar tetap stabil, seperti asma, kanker, penyakit jantung, gangguan mental, sampai masalah tidur. Jika berpikir meditasi dapat membantu menjaga dan mengontrol kesehatan, diskusikan hal tersebut pada dokter Anda untuk menentukan pola meditasi yang baik. Pola meditasi juga perlu disesuaikan dengan gaya hidup Anda.

3. Meringankan kecemasan

Meringankan kecemasan  (Foto: ourkids.net)

Penelitian telah menunjukkan bahwa meditasi dapat membantu seseorang dengan tingkat kecemasan yang tinggi. Selain itu, dengan melakukan meditasi, seseorang bisa mengubah pola pikir negatif menjadi positif. Jika Anda adalah orang yang mudah cemas, meditasi bisa menjadi salah satu solusi untuk meringankan perasaan tersebut.

4. Melatih fokus dan konsentrasi

Melatih fokus dan konsentrasi

Salah satu prinsip dasar meditasi adalah membutuhkan pikiran yang fokus dan konsentrasi tanpa terganggu oleh bayangan masa lalu dan ketakutan akan masa depan. Hal ini merupakan cara paling efektif untuk membangun kesadaran tentang keadaan fisik dan mental Anda saat ini. Jika berhadapan dengan situasi sulit berkonsentrasi, tutup mata Anda dan cobalah untuk fokus serta tenang. Menurut seorang psikiater dari University of Cincinnati College of Medicine menyarankan bahwa fokus kebutuhan fisik, seperti bernafas, atau melihat lilin.

5. Kualitas tidur yang lebih baik

Kualitas tidur yang lebih baik

Jangan biarkan sulit tidur membuat Anda terbangun pada malam hari. Sebuah studi dari University of California, Los Angeles yang dipublikasikan oleh JAMA Internal Medicine mengatakan orang dewasa berusia 55 tahun atau lebih menemukan bahwa meditasi memberikan dampak signifikan pada kualitas tidur seseorang. Coba adopsi rutinitas bermeditasi dengan makanan seimbang dan berolahraga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini