Sukses

6 Produk Makeup Ini Berbahaya bagi Organ Tubuh

Makeup juga bisa membahayakan bagi tubuh, bagaimana bisa?

Liputan6.com, Jakarta Makeup memang dapat menyempurnakan penampilan. Namun jika tidak rutin diganti, makeup juga bisa membahayakan bagi tubuh Anda.

Meskipun bagitu, banyak orang yang belum menyadari pentingnya mengganti makeup. Mungkin ini disebabkan ketidaktahuan soal aturan berapa lama makeup boleh dipakai setelah dibuka.

Dikutip dari Cosmopolitan, Selasa (14/6/2016), berikut aturan mengganti makeup supaya tetap aman digunakan.

1. Maskara

Ini hal yang harus Anda ketahui tentang maskara
Tahu kah Anda, makeup yang dapat melentikkan bulu mata ini harus diganti setiap empat bulan? Namun, kebanyakan wanita tidak mengganti maskaranya dalam jangka waktu yang cukup panjang. Belum lagi kebiasaan mereka berbagi maskaranya dengan orang lain.

Tidak mengganti maskara dalam waktu lama akan menyebabkan penumpukan bakteri yang memicu infeksi mata. Apalagi mata sangat sensitif sehingga berisiko tinggi terkena infeksi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Lipstik

2. Lipstik

Unik, warna lipstik ini dapat berubah sesuai mood Anda.
Tak dipungkiri, kebanyakan wanita memiliki lipstik lebih dari satu. Ini membuat sebuah lipstik semakin lama habis. Lantas apakah Anda rela membuang lipstik setelah 18 bulan selagi belum habis? Padahal menurut aturannya itu perlu dilakukan karena lipstik lama sudah mengandung terlalu banyak bakteri yang bisa berbahaya bagi mulut.

3 dari 6 halaman

Kuas Makeup

3. Kuas makeup

Kuas Makeup
Kuas makeup mengandung banyak bakteri apalagi jika disimpan di wadah yang tidak higienis. Kebanyakan wanita juga hanya mencuci kuas makeup satu kali dalam sebulan, atau mungkin lebih lama. Ingat, berinvestasi pada kebersihan wajib hukumnya untuk kulit mulus bebas jerawat.

4 dari 6 halaman

Eyeliner

4. Eyeliner

Tips Maksimal 1 | via: buzzfeed.com
Ini adalah makeup termudah untuk dibersihkan karena Anda hanya tinggal mengelapnya, maka kotoran dan bakteri di atasnya akan hilang. Namun, seringkali Anda lupa untuk melakukannya sehingga bakteri di sana akan lebih mudah masuk ke mata dan menyebabkannya infeksi.

5 dari 6 halaman

Foundation

5. Foundation

Foundation Cair atau Foundation Primer. Sumber : parentsociety.com
Normalnya, foundation perlu diganti setelah 12 bulan. Apalagi Anda terbiasa menyelupkan jari Anda pada wadah foundation, maka makeup ini harus diganti lebih cepat lagi.

6 dari 6 halaman

Pelentik Bulu Mata

6. Pelentik bulu mata
Foto: Instyle.com

Meskipun sudah rajin dibersihkan, alat ini akan melonggar sehingga menjadi tempat baru penyimpanan bakteri. Tumpukan debu dan sisa-sisa makeup pun akan meningkatkan risiko infeksi mata saat menggunakan alat ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.