Sukses

Penasaran dengan Jenis Puting Payudara Anda? Cari Tahu di Sini

Berikut 8 jenis puting payudara yang wajib Anda ketahui.

Liputan6.com, Jakarta Tiap wanita memiliki puting payudara yang berbeda-beda. Terdapat beragam ukuran payudara, warna dan bentuk yang membuat bentuk putingnya pun terlihat berbeda.

Dr Tsippora Shainhouse, M.D., seorang dokter anak dan kulit di Beverly Hills, dan instruktur klinis di University of Southern California menjelaskan bahwa sebenarnya, ada delapan jenis puting payudara.

Semua jenis terbilang normal, dan memiliki kemungkinan kombinasi dari dua atau lebih jenis puting payudara (seperti campuran dari menonjol dan bergelombang atau datar dan berbulu). Ketahui jenis puting Anda, seperti yang dilansir dari Cosmopolitan.com, Senin (13/6/2016), berikut ini.

Menonjol: Jenis ini mengacu pada puting yang terangkat beberapa milimeter di atas permukaan areola dan menonjol ke arah luar. Puting jenis ini bisa mengeras dan menjadi lebih menyembul ketika tubuh kedinginan atau terangsang.

Pipih: Seluruh puting berbentuk datar dan menyatu ke dalam areola. Puting bisa mengeras dan sedikit menonjol karena dingin atau rangsangan.

Gembung: Seluruh areola dan puting daerah tampak seperti gundukan kecil yang mengembung di atas payudara. 

Terbalik: Puting payudara ini memiliki bentuk seperti terbalik atau terlipat ke dalam. Kadang-kadang, dengan menggunakan jari, Anda dapat manariknya keluar, tapi bisa juga susah karena ototnya terlalu kencang.

Terbalik di satu sisi: Satu puting menonjol, dan yang lain terbalik. Ini bisa terjadi pada banyak wanita, jika Anda memiliki jenis seperti ini dari lahir, jangan panik karena jenis ini terbilang aman. Namun jika bentuk ini baru terjadi pada payudara Anda, bisa menjadi pertanda kanker payudara, segera temui dokter.

Bergelombang: Ini umum untuk memiliki benjolan pada areola sekitarnya puting. Benjolan ini disebut kelenjar Montgomery dan kadang-kadang dapat terlihat seperti komedo putih. Terkadang, Anda bisa menekan dan mengeluarkan sel-sel kulit mati dari bintik-bintik ini, tapi jangan bermain-main dengan bintik ini. Setiap wanita memiliki kelenjar tersebut, tetapi beberapa orang terlihat lebih menonjol bintiknya daripada yang lain.

Berbulu: Rambut gelap tumbuh keluar dari daerah areola terbilang normal. Bulu tersebut bisa halus atau juga kasar. Terbilang aman jika Anda mau mencabut bulu tersebut dengan penjepit. Setiap wanita memiliki folikel rambut, tetapi beberapa orang yang memiliki kadar bulu lebih banyak daripada yang lain.

Puting ekstra: Beberapa orang memiliki tambahan, puting kecil. Mereka juga terlihat seperti tahi lalat datar atau memiliki bentuk tonjolan yang terlihat sangat mirip dengan puting payudara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.