Sukses

Angkat Nilai Etnik Indonesia ke Busana Muslim Modern

Keanekaragaman budaya Indonesia diwujudkan dalam desain busana muslim terbaru di Indonesia Islamic Fashion and Products (IIFP) 2016.

Liputan6.com, Jakarta Keanekaragaman budaya Indonesia yang kaya diwujudkan dalam desain busana Muslim terbaru. Koleksi dari ratusan desainer akan dipamerkan di event tahunan Indonesia Islamic Fashion and Products (IIFP) di Hall A & Cendrawasih Hall, Jakarta Convention Center (JCC) pada 15–19 Juni 2016.

Gelaran yang mengusung tema besar “Urban Artculturae” itu merupakan upaya untuk mewujudkan tekad Indonesia sebagai kiblat busana muslim dunia pada 2020 mendatang sekaligus mendukung program Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia.

Penyelenggara IIFP Atilah Soeryadjaya mengatakan, tema Urban Artculturae dipilih seiring fenomena Urban fashion yang hakikatnya terkait erat dengan persoalan tradisi dan modernitas. Masyarakat Urban identik dengan industrialisasi dan konsumsi gaya hidup dan penguasa budaya urban yang nyata dan seimbang.

Kelompok urban dan gaya serta kultur tidak bisa dipisahkan dan akhirnya membentuk gaya hidup dalam fashion yang dipengaruhi dari berbagai etnis budaya dan lingkungan sama. Dalam IIFP 2016, selain peragaan busana, akan disemarakkan juga dengan pameran, lomba, talkshow dan workshop.

Acara tahunan ini ditargetkan menyedot sedikitnya 50 ribu pengunjung selama 5 hari pameran, dan total transaksi penjualan diharapkan bisa mencapai Rp 35–40 miliar, dengan jumlah peserta pameran 264 peserta sehingga mampu menggerakkan wisatawan Nusantara.

Direktur Bisnis dan Pemerintahan Kementerian Pariwisata Tazbir mengatakan, keragaman budaya dan kekayaan suku bangsa yang dimiliki bangsa Indonesia menjadi sumber inspirasi para desainer dan insan kreatif Indonesia dalam menciptakan karya fashion Muslim.

"Keragaman budaya yang menginsiprasi fashion Muslim Indonesia ini menjadi bagian dari keunggulan pariwisata Indonesia yang dikemas dalam branding Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia,” kata Tazbir di Jakarta, Senin (13/6/2016).

Kekayaan budaya, kata Tazbir, juga diharapkan mempercepat membawa desainer Indonesia sejajar dengan desainer mancanegara, Indonesia juga sebagai negara dengan jumlah penduduk Muslim terbesar di dunia sehingga merupakan pasar potensial untuk produk busana Muslim.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.