Sukses

Indahnya Ramadan Saling Berbagi di Pasar Murah Hati Suci 2016

Pasar Murah Hati Suci diserbu warga Kampung Bali yang hasilnya digunakan sebagai dana pendidikan bagi anak-anak di panti asuhan.

Liputan6.com, Jakarta Pendidikan menjadi hal yang vital dan esensial bagi masa depan bangsa. Selain mendapatkan ilmu pengetahuan, pendidikan juga melahirkan generasi muda yang potensial. Namun, realitas yang terjadi, masih banyak anak Indonesia tidak dapat menyelesaikan pendidikan karena faktor ekonomi, khususnya bagi anak-anak yatim piatu yang tinggal di panti asuhan.

Melihat permasalahan ini, Yayasan Hati Suci, organisasi sosial yang mengelola panti asuhan dan Sekolah Hati Suci tingkat SD dan SMA, kembali mengajak berbagai pihak untuk berpartisipasi untuk memberikan dukungan dalam menyelenggarakan Pasar Murah. Pasar Murah merupakan tradisi rutin bagi Hati Suci untuk ikut merayakan bulan Ramadan. Pasar Murah yang sudah diselenggarakan selama 16 kali dengan tema Indahnya Berbagi ini menyediakan berbagai kebutuhan pokok dengan harga miring. 

"Pasar Murah bertujuan untuk saling berbagi kepada sesama. Kami menyediakan kebutuhan bahan pokok seperti sembako, pakaian layak pakai, alat tulis, dan berbagai kebutuhan lain menjelang Hari Raya Idul Fitri. Hasil yang kami dapatkan dari Pasar Murah ini akan dialokasikan untuk dana pendidikan anak-anak panti asuhan," jelas Fracisca Setiati Pimpinan Panti Asuhan Hati Suci saat ditemui Liputan6.com di sela-sela acara, di Yayasan Hati Suci, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (12/6/2016).

Antusias masyarakat sekitar Kampung Bali, Jakarta tak kalah semangat menyambut Pasar Murah Hati Suci. Sejak pagi, mereka berbondong-bondong menyerbu Yayasan Hati Suci. Berbagai kebutuhan pokok dijual mulai harga Rp 1.000 sampai Rp 10.000.

Sejumlah anak kecil berdesakan mengantri saat kegiatan pasar murah di Jakarta, (12/6). Pasar Murah yang diselenggarakan oleh Hati Suci tersebut bertujuan sebagai wadah untuk saling berbagi kepada sesama. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

"Biasanya kami bisa mengumpulkan dana kurang lebih Rp 200 juta dari Pasar Murah untuk beasiswa pendidikan Panti Asuhan Hati Suci. Kami berharap dapat mengumpulkan dana yang lebih banyak lagi tahun ini. Sehingga lebih banyak anak-anak yang dapat menggapai pendidikan yang tinggi," lanjut Francisca.

Pasar Murah Hati Suci 2016 ini juga dibuka oleh Ibu Happy Farida Djarot, istri Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat. Ia berharap acara ini bisa rutin diselenggarakan setiap tahun sebagai bentuk solidaritas dan kepedulian kepada sesama. 

Pasar Murah Yayasan Hati Suci dibuka oleh Ibu Happy Farida Djarot.

"Pasar Murah yang diadakan oleh Yayasan Hati Suci ini benar-benar menunjukkan dan mengajarkan kepada kita indahnya berbagi. Semoga acara ini akan terus ada di tahun-tahun berikutnya untuk menemani kita semua dalam menjalankan bulan puasa," papar Happy sebelum membuka acara Pasar Murah yang akan berlangsung selama satu hari ini saja.

Beberapa pihak yang ikut membantu terselenggaranya Pasar Murah Hati Suci 2016 di antaranya Panti Asuhan Sayap Ibu, Panti Asuhan Muslimin, Panti Asuhan Dorkas, Panti Asuhan Muhammadiyah, Panti Asuhan Darul Aitam, Yayasan Sih Pakarti, PT. Unilever Indonesia, PT. Inbisco Niaga (Mayora), PT. Maxi Mitra Mandiri, PT. Sayap Mas Utama (Wings), PT. Guna Layan Kuasa (Gulaku), Rancamaya, PT. Nirwana Lestari Biru (Ceres), Toko Domino Tanah Abang, dan PT. Agro Guna Makmur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini