Sukses

Ingin Kulit Senantiasa Sehat? Pehatikan Pola Makan Anda

Agar kulit tidak mudah menua, pilihan menu makanan yang tepat perlu diperhatikan.

Liputan6.com, Jakarta Sedih melihat kulit yang cepat sekali menua? Ternyata rahasia menjaga kulit agar awet muda ada di perut Anda, seperti yang dilansir oleh Dailymail.co.uk, Sabtu (11/6/2016).

Pepatah kuno "You are what you eat" ternyata benar adanya. Apa yang Anda makan akan berpengaruh langsung terhadap tampilan Anda. Berikut adalah 3 hal yang wajib dilakukan jika ingin awet muda.

1. Kurangi konsumsi gula

Anda boleh saja membeli segala macam krim pelembap anti-aging sampai berjuta-juta rupiah, namun jika itu semua tak dibarengi dengan pola makan sehat, maka pasti tak akan banyak membantu kondisi kulit Anda.
Yang pertama wajib dilakukan adalah mengurangi konsumsi gula. Tak hanya bisa menyebabkan diabetes dan segala bentuk komplikasinya, namun gula juga merusak kesehatan kulit. Menurut ahli gizi Cassandra Barns, gula serta karbohidrat olahan sangat cepat diserap tubuh hingga menyebabkan melonjaknya insulin, yang pada akhirnya menyebabkan naiknya kadar testosteron dan hasilnya adalah jerawat.
Tak hanya itu saja, menurut dr. Marilyn Glenville, pengarang buku Natural Alternatives to Sugar, gula selain menyebabkan jerawat juga membuat kulit kehilangan elastisitas dan kekenyalannya. Ini terjadi karena adanya proses glycation yang terjadi dalam tubuh saat mengonsumsi gula. Proses glycation ini adalah proses yang mengikat antara gula dengan protein dalam tubuh termasuk protein seperti kolagen dan elastin. Karena diikat, kedua protein ini tak mampu bekerja efektif, akibatnya kulit pun kehilangan elastisitas sehingga kendur dan berkerut.

2. Lemak

Banyak perempuan yang sangat anti makan lemak, padahal lemak dalam jumlah yang tepat berfungsi penting untuk menjaga kesehatan organ tubuh seperti otak, jantung dan mata. Lemak, terutama jenis omega-3 dan omega-6 fatty acid sangat penting untuk struktur serta penampilan kulit.

Cassandra Barns mengatakan bahwa keduanya ada di sel epidermis (bagian kulit paling luar), membantu untuk menjaga fungsi kulit sebagai benteng bagi tubuh sekaligus juga mencegah hilangnya kadar air di kulit. Tak hanya itu saja, kedua lemak tersebut juga berperan di dermis (lapisan kulit bagian dalam) untuk memperkecil kerusakan kolagen akibat sinar ultra violet matahari.
Untuk mendapatkan lemak ini, makanlah ikan yang berlemak seperti salmon, makerel dan sarden. Anda juga bisa minum 2 sendok minyak kelapa murni (Virgin Coconut Oil) dua sendok teh tiap hari.

3. Lindungi dengan antioksidan

Antioksidan bekerja dengan cara membatasi jumlah terbentuknya radikal bebas, faktor utama yang merusak kulit sehingga menimbulkan penuaan. Salah satu antioksidan terkuat adalah vitamin C.

Menurut Cassandra Barns "Vitamin C mampu untuk menetralisir dan membatasi pembentukan radikal bebas (yang terdapat pada polusi, asap rokok, sinar matahari dan sebagainya) yang mampu untuk merusak sel-sel kulit serta melemahkan pertahanan kulit sehingga timbul garis kerut akibat kolagen yang rusak. Selain itu vitamin C juga mampu mencerahkan kulit.

Perbanyak konsumsi sayuran tiap harinya. Makan dengan suplemen serta penggunaan serum Vitamin C sebelum tabir surya setiap harinya.

(Ardi Suryaatmaja)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.