Sukses

Begini Cara yang Tepat Memakai Tabir Surya

Masih bingung memilih tabir surya? Berikut cara-cara yang tepat menggunakannya.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu penyebab penuaan kulit yang utama adalah sinar matahari, karenanya wajib pakai tabir surya tiap hari. Namun banyak wanita yang masih bingung dengan memilih dan memakai tabir surya. Berikut beberapa pertanyaan yang umum, dan solusi yang dilansir Rd.com, Sabtu (11/6/2016).

Apakah benar menggunakan tabir surya justru berbahaya karena menghalangi sinar matahari masuk tubuh, padahal sinar matahari bermanfaat memberi vitamin D bagi tubuh?
Salah, American Academy of Dermatology menyarankan untuk mendapatkan Vitamin D dari makanan dan suplemen, bukan dari berjemur di bawah matahari. Berada di bawah matahari selama beberapa menit tanpa tabir surya sebenarnya justru menurunkan jumlah Vitamin D di tubuh karena radiasi sinar UV akan menguraikan Vitamin D tersebut.

Mana yang lebih baik dalam melindungi kulit : tabir surya losion atau semprot?
Keduanya mampu melindungi kulit. Tapi losion lebih disarankan karena banyak orang yang tidak menyemprotkan tabir surya dengan rata, sehingga ada beberapa bagian yang luput seperti belakang telinga dan kulit di sekitar baju renang.
Jika ingin menggunakan tabir surya semprot, coba semprotkan ke telapak tangan terlebih dahulu lalu oleskan di kulit.

Foundation saat ini semuanya mengandung tabir surya. Itu berarti kita tak perlu lagi menggunakan tabir surya jika menggunakan foundation.
Biasanya kandungan tabir surya di foundation memiliki SPF sangat minim, dan umumnya wanita menggunakan foundation tipis-tipis agar hasilnya alami. Ini artinya wajah tidak terlindungi oleh tabir surya yang ada di dalamnya dengan maksimal.
Coba gunakan BB / CC Cream karena mengandung tabir surya yang tinggi serta warna seperti foundation sekaligus antioksidan, sehingga dengan satu produk Anda dapat melindungi kulit sekaligus membuatnya nampak lebih mulus.

Percuma pakai tabir surya saat olahraga outdoor karena pasti cepat luntur oleh keringat.
Gunakan tabir surya semprot yang oil free karena mampu untuk menempel di kulit dengan lebih baik dibanding losion. Manfaat lainnya menurut The Journal Sports Medicine and Physical Fitness, yaitu tabir surya mampu untuk menjaga temperatur tubuh lebih rendah saat berolahraga sehingga tubuh tak merasa terlalu panas.

Tabir surya selalu membuat wajah sangat berminyak, bahkan jadi berjerawat!
Pilih tabir surya dalam bentuk losion yang sangat ringan dan hindari tabir surya yang mengandung bahan-bahan pelembap yang berat seperti mineral oil dan petrolatum karena bahan-bahan tersebut sangat berminyak , bahkan bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.
Gunakan tabir surya yang oil free (bebas minyak) dan non comedogenic (tak menyebabkan komedo). Pilih juga tabir surya yang formula matte, yaitu formula kering yang langsung meresap di kulit tanpa membuat kulit berminyak.

(Ardi Suryaatmaja)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.