Sukses

8 Cara Kreatif Perbesar Ruang Apartemen

Untuk buat ruang apartemen terlihat lebih luas, berikut 8 cara kreatif dan sederhana yang bisa Anda lakukan.

Liputan6.com, Jakarta Semakin tingginya harga rumah di kota besar seperti Jakarta, apartemen bisa menjadi alternatif bagi keluarga baru. Namun sayangnya, luas ruang bangun apartemen pada umumnya tidak seluas rumah sehingga tak jarang para penghuninya mengalami kesulitan mengatur tata letak barang dan malah membuat jadi lebih sempit

Pada dasarnya dalam mengatur tata letak, sudah banyak produk furnitur rumah yang memiliki fungsi beragam. Misalnya, Anda hanya perlu membeli sebuah sofa yang bisa digunakan sebagai tempat tidur atau rak buku yang juga punya fitur ruang untuk menyimpan sepatu sehingga apartemen terasa lebih luas.

Seperti dilansir dari Brightside.me pada Jumat (10/6/2016), Liputan6.com merangkum beberapa tips dan trik bagi Anda yang punya apartemen kecil agar terlihat lebih luas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pemisah yang dekoratif

1. Pemisah yang dekoratif

Pemisah yang dekoratif (sumber. Brightside.me)

Jika membutuhkan kamar tanpa harus membuat ruangan kembali, Anda hanya membutuhkan pembatas. Hal tersebut akan memisahkan kamar tidur Anda dengan ruang berkeluarga sehingga apartemen tetap terlihat lebih luas. Selain itu, Anda tidak perli mengeluarkan biaya tambahan.

2. Anda tetap membutuhkan ruang makan

Anda tetap membutuhkan ruang makan (sumber. Brightside.me)

Banyak orang yang enggan membuat ruang makan karena khawatir akan membuat dapur mereka menjadi lebih sempit. Namun, dengan tata letak dan penggunaan perabot yang tepat, Anda akan memiliki ruang makan tanpa membuat dapur menjadi sempit.

3 dari 5 halaman

Furnitur berwarna putih

3. Furnitur berwarna putih

Furnitur berwarna putih (sumber. Brightside.me)

Warna putih selain memberikan kesan bersih, juga membuat ruangan sempit jadi terlihat lebih luas. Pilihlah warna putih pada perabotan apartemen Anda sehingga membuatnya terlihat lebih cerah, minimalis, sekaligus luas.

4. Pencahayaan yang bisa diatur

Pencahayaan yang bisa diatur (sumber. Brightside.me)

Untuk membuat ruangan kecil terlihat lebih luas, Anda membutuhkan pencahayaan yang cukup banyak. Namun, tak perlu menggunakan lampu dengan daya yang besar sehingga berdampak pada tagihan listrik Anda. Gunakan lampu yang bisa dipindahkan dengan praktis sehingga Anda bebas meletakkannya di segala posisi, salah satunya di pojok ruangan.

4 dari 5 halaman

Gunakan ukuran ubin kecil pada dapur

5. Gunakan ukuran ubin kecil pada dapur

Gunakan ukuran ubin kecil pada dapur (sumber. Brightside.me)

Desain dapur dengan menggunakan ubin kecil akan membuatnya terlihat lebih luas. Terlepas dari hal tersebut, ubin kecil lebih terlihat lebih artistik, ketimbang yang berukuran besar.

6. Buat kamuflase kecil

Buat kamuflase kecil (sumber. Brightside.me)

Apakah luas apartemen Anda tidak mencukupi untuk membuat ruang tidur? Anda bisa membuat sedikit kamuflase pada ruang keluarga dengan menggunakan gorden besar sebagai pemisahnya di belakang sofa sehingga cukup untuk kamar tidur minimalis.

5 dari 5 halaman

Gunakan rak buku

7. Gunakan rak buku

Gunakan rak buku (sumber. Brightside.me)

Penggunaan rak memiliki ragam guna untuk apartemen dengan ruangan yang kecil. Tak hanya untuk menyimpan buku atau pajangan, tetapi juga pemisah ruang antara kamar tidur dan tempat kerja.

8. Pasang rak gantung

Pasang rak gantung

Untuk memaksimalkan ruang apartemen Anda, gunakan rak gantung yang bisa digunakan meletakkan piring, gelas, atau apapun. Rak gantung tak akan mengganggu mobilitas Anda di dalam ruangan tersebut jika ditempatkan pada posisi yang benar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini