Sukses

Ini 5 Masjid dengan Arsitektur Paling Menawan di Dunia

Dengan arsitektur yang menawan, beberapa masjid di negara ini juga menjadi penanda sejarah perkembangan Islam di negara tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Masjid merupakan tempat suci bagi umat Islam yang bukan hanya sebagai tempat menyembah Yang Maha Kuasa, tetapi juga menjadi wadah yang menyatukan umat di bawah payung Islam. Lebih dari sekadar arsitekturnya yang indah, masjid yang ada di berbagai negara ini juga membuktikan, Islam bisa masuk ke budaya yang berbeda.

Seperti dilansir dari ilmfeed.com, Jumat (10/6/2016), berikut 5 masjid di berbagai negara yang bukan hanya menawan dari segi arsitektur, tetapi juga menjadi penanda penting dalam sejarah perkembangan Islam di negara tersebut.

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin, Brunei

foto: ilmfeed.com

Berlokasi di ibukota Bandar Seri Begawan, masjid yang merupakan personifikasi dari arsitektur Islam modern ini dibangun sejak 1958. Mengusung konsep kombinasi antara Mughal dan gaya Italia, masjid ini didedikasikan untuk Sultan Omar Ali Saifuddin. Arsitekturnya yang menawan menjadi tampak lebih indah dengan hiasan kebun nan hijau yang ada di sekelilingnya.

Masjid Faisal Shah, Pakistan

foto: ilmfeed.com

Diklaim sebagai masjid terbesar nomor 4 di dunia, Masjid Faisal Shah menjadi salah satu destinasi wisata yang kerap dikunjungi wisatawan saat berkunjung ke Islamabad. Didedikasikan untuk Raja Faisal Shah, masjid ini mampu menampung hingga 10 ribu jamaah. Desain Islam modern dengan pengaruh Turki membuat masjid ini nampak menawan, dan menjadi satu alasan kuat mengapa Anda perlu mengunjungi tempat ibadah terbesar di Asia Selatan ini.

Masjid Hassan II, Maroko

foto: ilmfeed.com

Selesai dibangun pada 1993, masjid ini menjadi salah satu masjid tertinggi di dunia yang dilengkapi dengan sinar laser mengarah ke Mekkah. Sisi menarik lain yang ada pada masjid ini adalah lantai kaca di ruang doa yang memberikan pemandangan dasar laut. Masjid Hassan II mampu menampung jamaah hingga 100 ribu orang lebih.

Masjid Biru, Turki

foto: ilmfeed.com

Masjid Biru merupakan masjid paling terkenal sejak awal 1600-an di Istanbul, Turki. Nama Masjid Biru diambil karean hampir seluruh bagian masjid ini berwarna biru. Menjadi salah satu destinasiwisata religi, masjid ini dibuka untuk umum. Namun demikian, masjid akan ditutup untuk pengunjung non-muslim di waktu salat.

Masjid Akbar Sheikh Zayed, UEA

foto: ilmfeed.com

Dubai dan Abu Dhabi selalu memberikan kejutan kepada dunia dengan kemajuannya. Di kawasan ini Anda akan mudah sekali menemukan tempat perbelanjaan terbesar dan gedung pencakar langit paling tinggi di dunia. Berlokasi di Abu Dhabi, masjid ini menjadi contoh arsitektur Islam kontemporer, termasuk pada ornamen yang ada di dalamnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini