Sukses

Jangan Lakukan 6 Hal Ini di Atas Tempat Tidur

Ternyata 6 hal ini jangan Anda lakukan di atas tempat tidur.

Liputan6.com, Jakarta Tempat tidur merupakan area paling tepat untuk melepaskan rasa lelah dan beristirahat. Pada dasarnya, tempat tidur merupakan benda paling Anda rindukan di rumah ketika sedang merasa kelelahan.

Banyak orang yang begitu mencintai tempat tidur mereka, sehingga melakukan kegiatan apapun di atasnya. Mereka tidur, makan, menonton TV hingga kerja di sana.

Namun ternyata, seperti dilansir di Metro.co.uk, Kamis (9/8/2016), ternyata terdapat beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan untuk menjaga kesehatan Anda. Apa saja? Simak yang berikut ini.

1. Tidur bersama binatang peliharaan

Mengelus peliharaan memang dapat menenangkan pikiran. Tapi kegiatan tersebut tidak terlalu menyenangkan ketika hewan Anda terus menggeliat di atas tempat tidur, padahal Anda ingin segera terlelap. Tak cuma itu, selain gerakannya yang mengganggu hewan peliharaan juga tidak higienis untuk diajak ke kasur.

Sebuah studi 2011 yang diterbitkan oleh Pusat Pengendalian Penyakit dan Pencegahan mengungkapkan beberapa penyakit akan menjangkit jika Anda meringkuk bersama hewan peliharaan, termasuk wabah bakteri (biasanya terjadi jika orang tidur dengan hewan berkutu atau kucing yang sakit), rabies, dan infeksi parasit.

Namun penelitian tersebut menyatakan terkena penyakit dari hewan yang sehat cukup jarang. Tapi dianjurkan untuk anak kecil atau orang dengan sistem kekebalan tubuh yang rendah untuk menghindari tidur dengan hewan peliharaan karena meningkatkan risiko dari infeksi zoonosis. 

2. Menggunakan telepon genggam

Jangan berbohong, hal terakhir yang Anda lakukan sebelum Anda pergi tidur, dan ketika Anda bangun, pasti memeriksa Facebook.
Jika bukan Facebook maka itu Twitter, Instagram, pesan singkat, dan email.

Tapi ternyata kebiasaan ini sebaiknya Anda hindari, penggunaan gawai adalah aktivitas yang sangat mengganggu sebelum tidur.
Cahaya biru yang dipancarkan dari layar kita mengganggu produksi melatonin (bahan kimia yang membantu kita tertidur) di otak kita. Jadi jika Anda mengalami insomnia terus menerus dan tidak dapat menemukan penyebabnya, maka mungkin ini permasalahannya.

"Membaca di tablet dapat menunda tidur sekitar satu jam, dan membuat Anda akan bangun lebih grogi." Jelas ahli tidur, Gringras. Letakkan ponsel, tablet atau laptop setidaknya satu jam sebelum Anda pergi tidur.

 

3. Bekerja

Konsep serupa dengan bermain gawai, kecuali gangguan dari cahaya biru. Untuk dapat menutup mata dengan tenang, Anda perlu menjaga hubungan mental antara tidur dan tempat tidur Anda. Sedangkan kebiasaan bekerja di tempat tidur justru membuat hubungan tersebut lebih rentan.

Anda bahkan harus menjaga kehidupan kerja Anda terpisah, dengan meletakkan ponsel di luar kamar tidur, menurut psikolog, Alan Redman. Hal ini bertujuan agar Anda tidak tergoda untuk memeriksa email pekerjaan Anda pada malam hari.

Teknologi tidak harus berada di tempat dan di waktu Anda tidur.

4. Meletakkan tas di kasur, dan mengeluarkan barang-barang di dalamnya

Mungkin ini lebih banyak dilakukan oleh perempuan, yang senang meletakkan tas di atas kasur, untuk mencari barang di dalamnya. Tapi Anda mungkin ingin berpikir dua kali untuk melakukannya ketika Anda tahu berapa banyak bakteri yang ditransfer ke seprai Anda.

Tak hanya bakteri dari benda di dalam tas, luar tas Anda juga cukup kotor. Pada kenyataannya, bagian luar tas lebih kotor dari tempat duduk toilet. 

5. Tidur dengan baju dalam

Anda dapat meningkatkan risiko infeksi ketika mengenakan pakaian dalam saat tidur. Kebiasaan ini menciptakan lingkungan yang tepat untuk bakteri dan ragi berkembang biak dengan sempurna. Untuk pria juga sebaiknya jangan melakukan hal ini, jika ingin menjaga kualitas sperma yang baik.
Sebuah studi tahun 2015 oleh Universitas Stanford di California dan US National Institute of Child Health and Human Development menemukan, bahwa tidur telanjang meningkatkan kesehatan perenang pria sebesar 25 persen.

6. Menunda bangun

Memang ini merupakan suatu perjuangan bagi semua orang, yaitu selalu menekan tombol snooze pada alarm. Tapi kebiasaan ini harus Anda hentikan, karena jika kita kembali tidur selama lima menit, jam biologis tubuh akan bingung, dan berpotensi mengirim badan ke tahap dari tidur yang lebih dalam.

Itulah mengapa kadang-kadang lebih sulit untuk bangun setelah anda menekan snooze, karena Anda terbangun dalam tahap tidur yang salah di siklus tidur.
Maka lebih baik, segera bangun ketika Anda mendengar alarm berbunyi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini