Sukses

Tips Atasi Kantuk Saat Puasa

Bagi yang menjalani ibadah puasa, apakah Anda kini sedang merasa kantuk saat bekerja? Lakukan beberapa hal ini.

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda para pekerja kantoran yang menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan tak hanya soal melawan rasa lapar, haus, dan hawa nafsu, tetapi juga serangan kantuk ketika bekerja. Duduk selama berjam-jam tanpa adanya konsumsi makanan dan hawa sejuk dari pendingin ruangan merupakan kombinasi yang tepat untuk rasa kantuk menggoda.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk melawan rasa kantuk adalah bangun dari tempat duduk dan gerakan tubuh Anda. Selain itu masih ada beberapa cara lainnya yang bisa Anda pakai dalam melawan kantuk.

Seperti dilansir dari berbagai sumber pada Kamis (9/6/2016), Liputan6.com merangkum beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk tetap terjaga di tempat kerja atau bahkan sekolah saat menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Bergerak

1. Bergerak

Bergerak merupakan salah satu cara atasi kantuk

Menurut lifehack.org, menggerakkan tubuh merupakan salah satu cara utama untuk Anda bisa tetap terjaga dan melawan rasa kantuk. Selain itu, dengan bergerak, aliran darah Anda menjadi lebih lancar serta mendapat udara segar bagi tubuh. Duduk terlalu lama jelas tidak sehat bagi kesehatan dan malah dengan bergerak energi dalam tubuh Anda akan bertambah.

3 dari 6 halaman

Meditasi

2. Meditasi

Ilustrasi Meditasi (iStockphoto)

Meditasi tak hanya berfungsi untuk merelaksasi tubuh Anda, tetapi juga bermanfaat untuk menjaga kesadaran dari rasa kantuk yang menghampiri. Ketika bermeditasi, posisi terbaik yang bisa Anda terapkan adalah duduk tegak dan biarkan nafas mengalir dengan lancar. Jika merasa kesulitan untuk fokus, Anda bisa menggunakan musik pendukung dan gunakan earphones.

4 dari 6 halaman

Tidur sejenak

3. Tidur sejenak

Tidur sejenak

Terkadang tak ada gunanya untuk melawan kantuk sehingga satu-satu jalan terakhirnya menurut womanitely.com adalah tidur sejenak. Mintalah izin terlebih dahulu untuk mengistirahatkan otak sejenak dan tidur dalam rentang waktu singkat. Rasa kantuk yang muncul menandakan bahwa tubuh Anda harus diistirahatkan.

5 dari 6 halaman

Dengarkan musik semangat

4. Dengarkan musik semangat

Dengarkan musik semangat merupakan cara usir kantuk

Hal ini merupakan salah satu trik lama yang mungkin sering kali dilakukan untuk melawan kantuk. Namun, mendengarkan musik yang semangat masih layak dilakukan jika tiba-tiba rasa kantuk mulai menyerang Anda.

6 dari 6 halaman

Bekerjalah dengan intensitas cahaya yang cukup terang

5. Bekerjalah dengan intensitas cahaya yang cukup terang

Bekerjalah dengan intensitas cahaya yang cukup terang (Via: pinterest.com)

Upaya lainnya yang bisa Anda lakukan untuk melawan kantuk adalah dengan bekerja di tempat terang.Bekerja dengan cahaya redup dapat membuat mata Anda lebih lelah sehingga ancaman kantuk pun siap hinggap.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini