Sukses

6 Tempat Kemping Cantik di Sekitar Jakarta

Menghindar sejenak dari kebisingan kota dan menghirup udara segar di alam yang hening merupakan obat mujarab untuk melepas penat.

Liputan6.com, Jakarta Pemandangan alam hijau, air laut yang jernih, dan suara kicauan burung memang menjadi suatu hal yang semakin langka bagi masyarakat perkotaan. Menghindar sejenak dari kebisingan kota untuk menghirup udara segar di alam yang hening merupakan obat mujarab agar terhindar dari stres berkepanjangan.

Tak perlu jauh-jauh, bagi Anda yang berada di sekitar Jakarta, ada banyak tempat menarik untuk sekadar membuka tenda, bermalam bersama alam, dan melepas penat. Seperti disusun tim travel Liputan6.com, Kamis (9/6/2016), berikut enam tempat menarik di sekitaran Jakarta yang bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin kemping-kemping cantik.

Situgunung

Untuk mencapai lokasi danau Situ Gunung, Anda perlu treking 1 km atau selama 45 menit. Foto: Ahmad Ibo

Berlokasi sekitar 100 kilometer dari pusat Kota Jakarta, tempat perkemahan ini dapat ditempuh hanya dalam waktu 3 jam perjalanan. Banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi di kawasan wisata ini, mulai dari Curug Sawer hingga Situ Gunung itu sendiri. Lokasinya yang berada di antara Gunung Salak dan Gunung Gede-Pangrango, Situ Gunung menyimpan keindahan alam yang memukau. Bagi Anda yang ingin berkemah dan membuka tenda, tempat wisata ini menawarkan berbagai tempat perkemahan, salah satunya adalah di Tanakita.

Cunang

foto: cliffklie.blogspot.com

Cunang yang merupakan akronim dari Curug Nangka merupakan salah satu tempat kemping cantik lainnya yang tidak jauh dari ibukota. Berlokasi di kaki Gunung Salak, tepatnya di Tamansari, Bogor, destinasi wisata ini hanya berjarak sekitar 75 kilometer atau dapat ditempuh hanya dalam waktu 2 jam perjalanan dari Kota Jakarta.

Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi kemping di tengah monyet-monyet liar, Curug Nangka menjadi tempat yang tepat. Dengan harga yang terjangkau, Anda bisa bermalam dan membuka tenda. Namun demikian, Anda perlu membawa perlengkapan berkemah sendiri, mengingat pihak pengelola belum menyediakan jasa sewa tenda.

Cidahu

 foto: fortugatravel

Dipenuhi hutan pinus yang spektakuler, bumi perkemahan Cidahu menjadi pilihan menarik bagi Anda yang ingin mengindar sejenak dari kebisingan kota. Berjarak sekitar 90 kilometer dari pusat Kota Jakarta, Anda hanya butuh sekitar 2,5 jam perjalanan darat untuk samapi ke lokasi ini. Tak hanya hutan pinus dan damar, di bumi perkemahan ini Anda juga bisa merasakan curug dengan air jernih yang bersumber langsung dari Gunung Salak. Selain curug, Anda juga bisa menyaksikan keindahan Kawah Ratu dari dekat.

Gunung Pancar

foto: flickr.com

Tak perlu jauh-jauh untuk bisa menikmati keindahan alam hijau sambil berendam di air hangat, pasalnya objek wisata Gunung Pancar, yang dapat ditempuh hanya dalam waktu 1,5 jam dari pusat Kota Jakarta, menawarkan itu semua. Dilengkapi dengan fasilitas penunjang wisata yang baik, Gunung Pancar menjadi salah satu pilihan tepat bagi Anda yang ingin kemping tanpa perlu harus jauh-jauh dari ibukota. Hanya dengan membayar Rp 200 ribu per orang, Anda sudah bisa merasakan kemping di tengah hutan dengan fasilitas tenda yang sudah dilengkapi airbed.

Cikole

 foto: objekwisatapopuler

Meski saat ini dipenuhi cottage, bumi perkemahan Cikole yang memiliki luas hingga 20 hektare ini masih digunakan banyak wisatawan untuk berkemah. Hutan pinus yang berjajar rapi dan udara dingin di bawah 20 derajat selsius, menjadikan kawasan ini tempat yang tepat untuk bersantai sambil bergelantungan di hammock. Tak hanya itu, bumi perkemahan ini juga dilengkapi dengan fasilitas penunjang wisata lainnya, seperti wahana ATV hingga outbond. Dengan harga menginap yang terjangkau dan lokasinya yang dapat ditempuh hanya dalam waktu 4 jam perjalanan dari Jakarta, Cikole jadi pilihan menarik bagi Anda yang ingin kemping cantik.

Anyer

 foto: gogonesia

Jika bosan dengan suasana pegunungan, Anyer bisa menjadi pilihan menarik lain untuk berkemah dan melepas lelah. Berjarak sekitar 100 kilometer dari pusat Kota Jakarta, menuju Pantai Anyer bisa ditempuh hanya dalam waktu 2,5 jam perjalanan darat. Yang menarik, Anda bisa memarkir kendaraan pribadi di dekat spot kemping, sehingga Anda tidak perlu repot membawa-bawa logistik. Pagi hari merupakan saat yang tepat untuk bergelantung di hammock sambil merasakan tiupan angin pantai dan panorama keindahan Gunung Krakatau dari kejauhan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.