Sukses

5 Cara Tingkatkan Rasa Percaya Diri

Rasa percaya diri merupakan salah satu modal utama Anda untuk meraih sukses. Berikut ini 5 cara untuk tingkatkan rasa percaya diri.

Liputan6.com, Jakarta Rasa percaya diri merupakan modal penting yang harus Anda miliki dalam setiap kesempatan. Namun, seringkali banyak orang yang menyalah artikan rasa percaya diri menjadi sebuah arogansi.

Perbedaan mendasar antara sikap arogan dan percaya diri terletak pada motivasi dan hasil akhirnya. Sikap arogan cenderung untuk meremehkan kemampuan atau penderitaan orang lain, sedangkan percaya diri lebih mengacu pada keberanian Anda untuk berhadapan dan berinteraksi dengan banyak orang.

Jika Anda ingin sukses, kepercayaan diri merupakan aset dan amunisi terlepas untuk melamar pekerjaan baru atau dalam menghadapi situasi sulit. Jika Anda tidak memiliki rasa percaya dan penghargaan pada diri sendiri malah akan merugikan setiap aspek kehidupan.

Seperti dilansir dari Lifehack.org pada Senin (13/6/2016), berikut cara untuk mengembalikan dan menumbuhkan rasa percaya diri Anda dalam menghadapi permasalahan yang menghadang.

1. Ketahui kemampuan Anda

Langkah pertama dan terpenting yang harus Anda lakukan untuk melatih kepercayaan diri adalah mengetahui kemampuan diri sendiri. Ketika sudah mengetahui kemampuan serta mengembangkannya, rasa percaya diri Anda akan muncul untuk mengatasi kekhawatiran akan kelemahan yang dimiliki.

2. Hindari kegagalan masa lalu

Jika membaca biografi orang sukses di dunia, Anda akan menemukan bahwa mereka banyak mengalami kegagalan dalam kehidupannya. Hal ini berkaitan dengan ketekunan dan memaksimalkan peluang yang ada dalam menemukan kesuksesan hidup. Belajarlah dari kegagalan yang sudah Anda pernah alami dan bukan untuk terjebak di dalamnya.

3. Berpakaian dan berdandanlah

Mungkin Anda bukanlah orang yang suka berdandan atau memakai baju rapi karena terkesan formal. Namun, hal tersebut masih berlaku untuk beberapa kesempatan yang harus Anda hadiri sebagai bentuk penghormatan dan apresiasi. Bahkan jika kini tampilan Anda berantakan, cobalah untuk berpakaian rapi sehingga rasa percaya diri perlahan tumbuh.

4. Ubah lingkungan Anda

Pernah bertanya-tanya mengapa individu yang tumbuh di lingkungan keluarga yang mendukung minatnya akan menjadi sukses? Tanpa Anda sadari, lingkungan memiliki peranan besar dalam membentuk pola pikir dan kepercayaan diri seseorang. Jika kini lingkungan sekitar tidak mendukung kemajuan dan kesuksesan Anda, cobalah untuk berpindah atau mengubahnya.

5. Hidup sehat

Salah satu faktor yang membuat seseorang merasa tidak percaya diri adalah kondisi kesehatannya, khususnya masalah kegemukan. Anda mungkin mulai bisa melakukan beberapa program diet atau paling tidak ubah pola hidup dengan berolahraga agar kondisi pikiran dan jiwa menjadi sehat serta seimbang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.