Sukses

9 Kebiasaan Buruk yang Mengganggu Saat Salat Tarawih

Jangan lakukan 9 hal ini saat salat Tarawih karena dapat mengganggu orang lain saat beribadah

Liputan6.com, Jakarta Salat Tarawih adalah salah satu hal spesial yang dapat dilakukan di bulan Ramadan oleh umat Muslim di seluruh dunia. Apalagi, ada beberapa doa malam yang dapat dilaksanakan setelah Salat Isha untuk menambah pahala.

Melihat banyak rombongan umat Muslim berkumpul di masjid untuk Salat Tarawih setelah hari yang panjang adalah pemandangan yang istimewa. Meskipun Salat Tarawih di masjid adalah pilihan opsional baik bagi pria dan wanita, ternyata tak sedikit yang lebih menikmati doa di tempat ibadah.

Seperti yang dilansir dari situs Americanmuslimmom.com pada hari Rabu (8/6/20160, ternyata ada beberapa kebiasaan yang sering dilakukan oleh orang tanpa sadar bahwa hal tersebut bisa mengganggu umat Muslim lain yang juga sedang beribadah di masjid. Simak 10 hal yang perlu diperhatikan saat Salat Tarawih.

1. Memakai pakaian yang tidak bersih dan berbau

Banyak orang baik pria maupun wanita yang melaksanakan Salat Tarawih dengan pakaian yang mereka pakai saat bekerja. Bagi wanita yang baru saja menghabiskan waktu di dapur untuk mempersiapkan menu berbuka puasa, jangan sampai pakaian Anda berbau makanan yang dapat mengganggu sekeliling Anda saat beribadah. Pastikan Anda dalam keadaan bersih dan wangi saat masuk ke rumah ibadah.

2. Bersendawa 

Orang-orang di kanan kiri Anda tak perlu tau apa saja yang Anda konsumsi saat berbuka puasa. Sendawa dapat menimbulkan bau yang tidak sedap dan mengganggu konsentrasi orang lain yang sedang beribadah.

3. Memakai pakaian yang mencolok

Hal ini terutama diperuntukkan bagi wanita. Salat Tarawih yang bisa memakan waktu 2 -3 jam mengharuskan Anda memakai pakaian yang nyaman, namun bukan berarti Anda boleh memakai daster atau pakaian tidur saat beribadah. Kenakan pakaian yang santai namun tetap sopan, hindari pakaian yang terlalu ketat atau pendek dan dapat mengundang pandangan orang lain. Bagi pria, celana panjang kasual adalah pilihan yang lebih layak daripada celana pendek yang sering Anda pakai di rumah.

4. Mengaktifkan gawai

Ada banyak tanda di masjid yang mengingatkan orang untuk mematikan gawai mereka, tapi masih banyak orang yang sering lupa mematikan gawai atau mengaktifkan silent mode saat Salat Tarawih. Setiap orang yang datang ke masjid tentu ingin fokus pada doa dan ibadah saja.

5. Bergosip

Hal ini bisa jadi yang paling mengganggu bagi orang yang sedang beribadah Salat Tarawih. Setiap umat Muslim yang sedang berpuasa di bulan Ramadan harus menahan diri dari bergosip atau membicarakan hal-hal buruk tentang orang lain, apalagi saat seseorang sedang berdakwah.  

6.  Meletakkan alas kaki dengan sembarangan

Masjid yang selalu dipenuhi orang di Bulan Ramadan terutama pada waktu Salat Tarawih sering menyajikan pemandangan alas kaki yang diletakkan begitu saja. Akibatnya, area depan masjid akan terlihat berantakan, bahkan mungkin ada beberapa orang yang tidak dapat menemukan alas kakinya. Letakkan alas kaki Anda di tempat yang telah disediakan, atau menyusunnya secara rapi di dekat dinding.

7. Mengambil banyak tempat

Ada beberapa orang yang secara tak sadar mengambil tempat yang terlalu lebar saat Salat Tarawih tanpa memperhatikan sekelilingnya, dan membuat ruang orang di sebelah kanan atau kiri memiliki ruang gerak yang terlalu sempit. 

8. Membuang sampah sembarangan

Sebagai rumah ibadah, masjid seharusnya menjadi tempat yang rapi dan bersih. Tempat yang kotor dan tidak nyaman akan membuat orang tidak nyaman juga dalam beribadah. Jangan tinggalkan botol-botol kosong, tisu, atau sampah lainnya setelah Anda selesai Salat Tarawih.

9. Bertanya, "Berapa rakaat lagi?" 

Menanyakan pertanyaan ini, apalagi berulang kali, menunjukkan bahwa Anda tidak beribadah dengan khusyuk dan hanya ingin cepat-cepat selesai. Hal ini juga dapat mengganggu konsentrasi orang yang Anda tanyakan.

10. Mengatakan, "Ini tempat saya."

Masjid terbuka untuk setiap orang yang berniat untuk beribadah dan memang selalu dalam kondisi penuh di bulan Ramadan. Saat Salat Tarawih, jangan sampai Anda berdebat dengan orang lain mengenai tempat-tempat strategis untuk beribadah. Jika Anda ingin beribadah di tempat tertentu, datanglah lebih awal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini