Sukses

Tips Ritual Kecantikan dari Selebriti yang Tidak Selalu Benar

Selebriti sering kali memberikan tips kecantikan, padahal tidak semuanya benar.

Liputan6.com, Jakarta Selebriti terkenal gemar mengobral kalimat-kalimat klise ketika ditanya tentang tips kecantikan, seperti kalimat-kalimat berikut yang dilansir dari allure.com pada Senin (6/6/2016).

1. 'Setiap hari saya selalu minum air setidaknya 8 gelas sehari untuk menjaga kelembapan kulit dan sebagai detoksifikasi tubuh'
Kalimat klise yang sangat membosankan ini paling sering digunakan sebagai tips kecantikan oleh selebriti. Padahal menurut Joshua Zeichner, Direktur Penelitian Klinis dan Kosmetis Mount Sinai Hospital, tidak ada satupun data ilmiah yang mendukung pernyataan bahwa minum bergalon-galon air akan melembapkan kulit. "Minum air memang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, namun tidak akan meremajakan kulit maupun membuang toksin dari kulit atau detoksifikasi. Kulit Anda bukan organ pembersih!" jelas Joshua.

2. 'Kulit saya bagus karena saya selalu tidur 8 jam sehari'
Tips kecantikan ini tidak sepenuh salah, sebab memang benar bahwa kurang tidur akan menyebabkan level kortisol naik, dan hal ini membuat kacau hormon di tubuh dan menyebabkan jerawat. Tapi bukan berarti dengan tidur 8 jam sehari dijamin kulit Anda pasti langsung mulus cemerlang, demikian menurut Joshua Zeichner.

3. 'Saya pantang makan makanan seperti cokelat, daging, gula dan jerawat saya langsung lenyap'

Jika Anda tidak memiliki alergi maka pantang makan makanan tertentu tidak akan mempengaruhi hormon, folikula rambut maupun kelenjar minyak, terutama jika pantang makan tersebut hanya dilakukan dalam waktu singkat.
Demikian juga dengan mengkonsumsi jus-jus buah maupun sayuran. Tentu saja mengkonsumsi buah dan sayuran sangat baik untuk kesehatan tubuh, tapi jika hanya dilakukan hanya dalam waktu singkat tidak akan banyak efeknya bagi kulit.
Untuk kecantikan kulit akan jauh lebih efektif jika Anda melakukan perawatan setiap hari seperti selalu menggunakan tabir surya di pagi dan siang, menggunakan produk perawatan yang tepat bagi jenis kulit Anda serta rutin berkonsultasi dengan ahli dermatolog. Semua hal tersebut lebih bermanfaat bagi kulit dibanding tips kecantikan untuk sekedar pantang makanan dan mengkonsumsi jus.

(Ardi Suryaatmaja)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini