Sukses

Buat Kesan Pertama yang Buruk? Ini Cara Memperbaikinya

Kesan pertama yang buruk mungkin memang sulit untuk diperbaiki, namun bukan berarti tidak bisa sama sekali, di sini ada langkahnya.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai seorang manusia, Anda tidak dapat terus bersenang-senang, akan ada saatnya Anda juga mengalami masa-masa sulit. Ini alami bagi seorang manusia untuk melakukan kesalahan, secara sadar maupun tidak sadar.

Jika Anda sedang berada dalam masa-masa sulit, kemudian Anda harus bertemu dengan seseorang, kemungkinan besar Anda hanya akan meninggalkan kesan pertama yang buruk, terutama jika seseorang ini tidak mengetahui tentang diri Anda sama sekali, sehingga ia tidak memahami apa yang menyebabkan Anda bisa bersikap begitu menjengkelkan.

Ketika hal ini terjadi, mungkin akan sangat sulit untuk mengubah persepsi awal, namun bukan berarti mustahil jika Anda bisa melakukan pendekatan yang tepat.

Dilansir dari mydomaine.com, Rabu (1/6/2016), baru-baru ini Harvard Business Review mengeluarkan sebuah artikel tentang empat langkah penting dan mudah untuk memperbaiki kesan pertama yang buruk.

1. Berani
Sangat sulit untuk mengubah persepsi dengan cara yang halus atau gerakan-gerakan kecil. Untuk membuat orang mengubah pandangan negatifnya tentang Anda, Anda harus mampu mengevaluasi kembali apa yang mereka pikir mereka tahu tentang diri Anda.
Jika biasanya Anda adalah orang yang pemalu, maka inilah saatnya untuk Anda berbicara dan mengeluarkan pendapat, memberikan alasan kepada mereka untuk percaya bahwa selama ini mereka telah menilai Anda.

2. Konsisten
Ketika Anda sedang berusaha untuk mengubah persepsi orang lain tentang diri Anda, maka berikan mereka bukti yang kuat untuk membantu mereka mempertimbangkan kembali pikiran mereka. Sangat penting untuk terus menerus menunjukkan sisi lain dari diri Anda secara berulang dari waktu ke waktu.
Jika mereka melihat Anda secara konsisten memperbaiki hal-hal yang salah, mereka juga mungkin akan mengubah pendapat tentang diri Anda.

3. Membuka diri
Ketika Anda bertentangan dengan seseorang, maka kemungkinan besar Anda akan tergoda untuk menghindar dan mengabaikan masalah. Namun ternyata hal ini hanya akan membuat rasa ketidaksukaan orang tersebut kepada Anda menetap dan berkembang.
Sebaliknya, biarkanlah tindakan Anda yang berbicara lebih keras daripada kata-kata yang mungkin hanya akan membuat pemahaman yang salah.
Jika Anda bersedia membuka diri, maka orang lain kemungkinan juga akan terbuka untuk mengenal diri Anda yang sebenarnya.

4, Beri waktu
Di kebanyakan kasus, Anda mungkin bahkan tidak tahu mengapa Anda bisa sampai membuat seseorang membenci Anda dan bingung harus mulai dari mana untuk memperbaiki keadaan.
Jika memang Anda tidak yakin tentang apa yang telah Anda lakukan, berikan waktu dan tunggu sampai orang tersebut mempertimbangkan kembali dan mengubah pikiran mereka tentang Anda.
Sabar dan bersikap baiklah, maka waktu yang akan mengembalikan orang-orang yang Anda cintai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.