Sukses

Wujudkan Pesta Pernikahan Impian dengan Anggaran Terbatas

Anggaran terbatas? Intip tips berikut yang dapat membantu Anda mewujudkan pesta pernikahan impian.

Liputan6.com, Jakarta Walaupun Anda memiliki budget terbatas dalam merencanakan pesta pernikahan, bukan berarti pesta pernikahan Anda tidak bisa terwujud seindah yang Anda bayangkan. Banyak cara untuk menyesuaikan anggaran sesuai pengeluaran yang dibutuhkan tanpa mengorbankan kualitas pesta pernikahan Anda.

1. Diskusikan dengan Keluarga
Sebelum jumlah undangan pernikahan membengkak karena Anda datang dari keluarga besar, diskusikan hal ini dengan kedua orangtua terlebih dahulu. Berikan pengertian pada mereka tentang besar biaya bisa Anda keluarkan bersama pasangan. Utarakan keinginan Anda untuk menepati anggaran biaya yang telah dibuat. Buat keluarga Anda mengerti dengan situasi Anda.

2. Pilih Tanggal Pernikahan yang Tidak Populer
Biasanya menjelang bulan Ramadan merupakan waktu yang populer untuk menggelar pernikahan. Selain itu, musim kemarau juga menjadi pilihan banyak calon pengantin untuk melangsungkan pernikahan. Dengan cuaca yang cerah dan tidak banjir, tentunya menjadi waktu yang tepat. Dengan meningkatnya permintaan, biasanya vendor-vendor akan memasang tarif yang lebih mahal terutama untuk venue pernikahan. Jika Anda ingin berhemat, hindari akhir pekan dan hari libur nasional. Pertimbangkan untuk menikah di hari Jumat dan di akhir tahun menjelang liburan panjang seperti bulan Desember atau Januari.

3.Paket Lengkap
Beberapa venue memiliki paket lengkap yang dibutuhkan oleh sebuah acara pernikahan, dari mulai dekorasi pernikahan, katering, hingga dokumentasi. Memilih paket seperti ini biasanya akan lebih murah, ketimbang harus menyewa vendor terpisah. Tapi ingat, dengan cara ini Anda tidak bisa jadi terlalu pemilih dan menerima paket yang tersedia.

4. Minta Tolong
Coba ingat-ingat teman Anda yang mungkin memiliki band atau grup musik sehingga bisa mengisi acara pernikahan Anda, atau sahabat yang terkenal pintar mendokumentasikan acara. Selain orang-orang ini, Anda juga bisa mencari koneksi kerabat yang memberikan potongan harga khusus.

5. Sewa Busana
Daripada menghabiskan banyak biaya untuk gaun pernikahan baru yang dirancang dari awal, mengapa tidak menyewanya saja? Busana pengantin juga hanya akan dipakai sekali dalam seumur hidup. Apalagi jika Anda mengadakan pesta pernikahan tradisional dengan kebaya pengantin bergaya klasik.

(Bridestory.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini