Sukses

Air Dingin Atau Panas, Ini Manfaatnya Saat Digunakan untuk Mandi

Ternyata, ketika Anda mandi dengan menggunakan air dingin atau panas, mereka memiliki manfaat yang berbeda untuk Anda, penasaran?

Liputan6.com, Jakarta Seperti yang Anda ketahui, mandi merupakan rutinitas penting yang harus dilakukan sehari-hari. Ternyata, bergantung pada suhu dan waktu yang dihabiskan dengan air dapat menawarkan manfaat yang berbeda-beda untuk kesehatan Anda. Apakah Anda lebih suka mandi dengan air dingin atau panas, mereka dapat mempengaruhi kondisi tubuh Anda.

Dilansir dari popsugar.com, Selasa (31/5/2016), berikut ini adalah perbedaan dari kegunaan air dingin atau panas untuk mandi.

1. Air panas
Air panas dapat meredakan ketegangan dan menenangkan otot-otot yang tegang. Jika Anda menggunakan shower, maka pancuran yang lebih besar dan kuat, lebih baik untuk memijat bahu, leher, dan punggung.

Penelitian telah menunjukkan bahwa air panas dapat meningkatkan oksitosin dan mengurangi kecemasan dan stres.

Mandi memang aktivitas yang menyenangkan. Tapi jika mandi terlalu lama dan salah memilih sabun, bisa berakibat tidak baik

Selain itu, mandi dengan menggunakan air panas juga dapat meredakan gejala flu, karena uap panas yang dihasilkan dapat melembabkan bagian hidung.

2. Air dingin
Banyak orang tidak tahan mandi dengan menggunakan air dingin, tanpa menyadari bahwa air dingin memiliki banyak kebaikan untuk tubuh. Mandi dengan menggunakan air dingin pada menit pertama dapat membuat Anda lebih terjaga. Perubahan ini juga mengurangi suhu tubuh yang biasanya membuat Anda kelelahan dan meningkatkan kewaspadaan mental Anda.

Para peneliti menyarankan Anda untuk mandi dengan menggunakan air dingin selama dua sampai tiga menit sebanyak dua kali sehari untuk mengobati depresi yang sedang dialami.

Mandi dengan tepat. (Via: oogeewoogee.com)

Untuk hal lain, mandi air dingin sangat baik untuk rambut dan kulit Anda. Jika mandi menggunakan air panas dapat membuat kulit kering, air dingin dapat mengembalikan kekeringan yang dialami oleh kulit Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini