Sukses

Mau Punya Anak yang Sukses? Lakukan 7 Cara Ini

Hampir semua orang tua di dunia ingin anak mereka sukses. Berikut ini beberapa cara mendidik dan membangun karakter anak agar sukses kelak

Liputan6.com, Jakarta Hampir semua orang tua di dunia pasti ingin anak-anak mereka sukses. Namun, ada banyak cara untuk mendidik anak-anak, beberapa diantaranya adalah memberikan contoh dan membiasakan mereka melakukan sesuatu yang produktif.

Banyak buku panduan dan pola asuh anak yang beredar di masyarakat dan hal tersebut tak selalu soal biaya tinggi. Pasangan penulis, Rachel Gillet dan Drake Baer mengumpulkan banyak artikel tentang bagaimana mengasuh anak dengan baik dan menjadikannya pribadi yang sukses.

Seperti dilansir dari inc.com pada Senin (30/5/2016), Liputan6.com merangkum beberapa cara terbaik yang bisa Anda para orang tua lakukan untuk mendidik dan membentuk anak memiliki karakter yang kuat dan sukses di masa depan.

1. Ajarkan anak Anda melakukan pekerjaan rumah

Seperti memungut sampah, memotong rumput, atau mencuci piring merupakan salah cara agar anak Anda belajar untuk bertanggung jawab. Usahakan untuk tidak buat hidup mereka selalu mudah. Menurut Julie Lythcott, mantan dekan Stanford University mengatakan dengan memperkenalkan anak-anak pada pekerjaan rumah akan buat mereka sadar bahwa untuk hidup harus bekerja.

2. Ajarkan mereka tentang kemampuan sosial

Menurut studi yang dilakukan Penn State dan Duke, mereka menemukan bahwa anak-anak dengan keterampilan dan kemampuan sosial yang baik akan lebih sukses. Kemampuan sosial akan membantu mereka dalam melakukan pekerjaan dan bekerja sama dengan orang lain. Selain itu jiwa sosial yang tumbuh dalam diri mereka bisa memberikan pengaruh yang baik kepada sesama.

3. Ajarkan dan tunjukkan bahwa pendidikan tinggi itu penting

Sebuah studi dari University of Michigan mengungkapkan bahwa jika Anda ingin anak-anak memiliki pendidikan hingga ke perguruan tinggi, mulailah memberikan contoh yang baik pada mereka. Anda sendiri sebagai orang tua juga tidak meremehkan pendidikan dan tunjukkan pada anak-anak bahwa hal tersebut penting.

4. Ajarkan mereka untuk mengembangkan hubungan yang baik

Sebuah studi dari University of Illinois menunjukkan bahwa lebih penting anak-anak tumbuh di lingkungan tanpa konflik agar mereka tidak melihat contoh buruk yang bisa mereka serap dan lakukan kembali. Selain itu, menurut Gillet dan Baer mengatakan jika seorang anak dengan latar belakang kemiskinan mendapat perhatian khusus, mereka dapat lebih berprestasi dalam dunia pendidikan dan hubungan sehat selama tiga tahun.

5. Buat mereka semangat tentang matematika (secepatnya)

Membaca merupakan salah satu kegiatan anak-anak yang penting dalam tumbuh kembangnya, khususnya dalam bidang matematika. Salah satu penelitian yang dilakukan Greg Duncan dari Northwestern University mengatakan bahwa matematika bukan hanya keterampilan, tetapi masa depan untuk anak.

6. Ajari mereka berani mencoba dan jangan takut gagal

Mengajari anak-anak untuk berani mencoba sesuatu yang sekiranya positif dan beri pemahaman untuk tidak takut gagal merupakan cara mengembangkan pola pikir. Ketika anak-anak sudah berani mencoba, Anda pun harus melatih diri untuk tidak khawatir dan mengontrol tingkat stres.

7. Tampilkan mereka etos kerja

Sebuah studi di Harvard Business School menunjukkan bahwa anak-anak yang tumbuh dengan ibu bekerja memiliki keunggulan dibandingkan mereka yang tidak. Hal tersebut berkaitan dengan anak perempuan yang melihat bagaimana contoh cara berkarir dari ibu dan mencari uang dengan presentase 23 persen lebih besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.