Sukses

8 Langkah Mudah untuk Terlihat Lebih Pintar

Tidak perlu takut lagi datang ke sebuah perkumpulan sosial, karena di sini Anda dapat menemukan cara mudah untuk terlihat pintar.

Liputan6.com, Jakarta Anda pasti pernah mengalami hal dimana Anda berada di sebuah perkumpulan sosial dan ada seseorang yang mencuri perhatian orang karena ia cerdas. Hal ini tidak bisa didapatkan secara kilat dan instan, namun Anda dapat melakukan beberapa hal berikut ini untuk tampak lebih pintar dari diri Anda yang sebenarnya, seperti dilansir dari purewow.com, Senin (30/5/2016).

1. Dengarkan
Kedengarannya mungkin sangat sederhana, namun mendengarkan adalah kunci utama untuk tampak pintar atau cerdas. Jangan merasa perlu mengomentari setiap hal yang dikatakan oleh orang lain atau pun beradu argumentasi tentang topik yang tidak Anda kuasai. Sesekali Anda boleh menanyakan hal yang tidak Anda ketahui, ini akan membuat Anda terlihat bijaksana.
Kemungkinan besar orang yang Anda ajak bicara lebih senang untuk menjawab pertanyaan, tidak menyadari bahwa Anda tidak begitu menguasai topik yang dibicarakan.

2. Berdiri tegak
Apa yang Anda katakan memang penting, namun bahasa tubuh juga dapat mengungkapkan tentang kredibilitas Anda. Jika tubuh Anda tidak memiliki postur yang baik, maka kemungkinan Anda tidak memiliki kepercayaan diri yang baik pada diri sendiri, termasuk apa yang Anda katakan.
Namun, berdiri lurus kaku juga menunjukkan bahwa Anda gugup dan tidak nyaman.

3. Tidak menggunakan kata-kata yang tidak diperlukan
Kata-kata tertentu memiliki kecenderungan membuat Anda tampak tidak yakin pada diri sendiri. Kata-kata ini sering sekali terucap tanpa Anda sadari. Anda harus belajar untuk mengurangi penggunaan kata-kata seperti "sepertinya" atau "um..."

4. Jeda dalam percakapan
Ini bukan hal yang buruk. Ketika terdapat jeda dalam sebuah percakapan, Anda disarankan untuk bersikap senyaman mungkin dengan sedikit diam. Dengan hal ini, Anda tidak akan berusaha mengisi kekosongan dengan percakapan yang dibuat-buat dan memiliki waktu memikirkan apa yang akan dibicarakan selanjutnya. Hal ini tentu akan membuat Anda mendapatkan kesan yang baik.

5. Banyak membaca
Ini tidak berarti Anda harus membaca setiap buku yang dijual di sebuah toko buku, bukan itu. Setidaknya Anda mengerti dan memahami isu-isu terkini yang sedang hangat dibicarakan oleh banyak orang untuk membuat sebuah percakapan yang menarik dengan orang lain.

6. Tidak bersikap berlebihan
Jika Anda datang pada sebuah acara, tiba-tiba Anda bertemu dengan seseorang yang membicarakan kehidupannya secara berlebihan, jangan tertarik untuk melakukan hal yang sama. Tinggalkan dia dan lakukan hal lain di acara tersebut dengan lebih elegan.

7. Tidak menggunakan kata-kata yang sulit dimengerti
Mungkin Anda ingin terlihat cerdas dengan bercakap-cakap menggunakan kata-kata dari jurnal ilmiah, namun ini bukan cara yang tepat. Gunakan kata-kata yang mudah dipahami dengan cerdas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini