Sukses

Hapus Piramida Lourve di Paris, Seniman Ini Pakai Ilusi Optik

Seorang seniman asal Paris mewujudkan obsesinya untuk menghapus Piramida Lourve di Paris dengan ilusi optik.

Liputan6.com, Jakarta Selain Menara Eiffel di Paris, Prancis, kota ini juga memiliki bangunan ikonik lainya dengan bentuk piramida di taman Museum Louvre. Piramida bernama Louvre tersebut dibangun pada tahun 1984 yang dicetuskan oleh Presiden Prancis François Mitterrand dan dirancang oleh arsitek I.M. Pei.

Keindahan bangunan tersebut telah menarik perhatian seorang seniman asal Prancis bernama JR yang ingin agar Piramida Louvre tersebut hilang. Bangunan yang sebagian besar eksteriornya didominasi oleh kaca tersebut seolah-olah akan dihapus oleh JR dengan teknik ilusi optik yang menjadi spesialisisasinya.

Seperti dilansir dari QZ.com pada Senin (30/5/2016),JR menghapus piramida tersebut menjadi tembus pandang dan serupa dengan bangunan di belakangnya. Seniman yang enggan untuk mengungkapkan nama aslinya dan hanya menggunakan inisial saja tersebut terlebih dahulu memproyeksi bidang permukaan piramida.

 

 

Dalam proses pengerjaannya, JR membutuhkan waktu 2 hari untuk memasang instalasi hasil proyeksinya tersebut. Bagian bangunan yang dipilih untuk dipasang ilusi optik tersebut hanya pada bagian depan piramidanya saja dan filter hitam putih tersebut memberikan kesan klasik.

Seorang seniman asal Paris, JR mewujudkan obsesinya untuk menghapus Piramida Lourve di Paris dengan ilusi optik. (sumber. qz.com)

Sejak awal pemasangan instalasi, ilusi optik tersebut telah menarik perhatian banyak pengunjung, mengabadikannya, lalu mengunggahnya ke media sosial. Hasilnya pun mengundang decak kagum pengunjung dan sayang hanya dipasang sampai tanggal Jumat (27/5/2016) lalu.

Seorang seniman spesialis ilusi optik dari Prancis, JR (sumber. qz.com)

Seorang seniman asal Paris, JR mewujudkan obsesinya untuk menghapus Piramida Lourve di Paris dengan ilusi optik. (sumber. qz.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini