Sukses

5 Langkah Mudah untuk Lebih Menghargai Hidup

Sudahkah Anda menghargai dan mensyukuri hidup? Simak di sini caranya.

Liputan6.com, Jakarta Mungkin tidak banyak orang yang tahu bahwa dengan kita menghargai hidup akan membawa efek positif. Hal ini juga dapat menjadi langkah untuk mengurangi stres, meningkatkan produktivitas, dan kualitas hubungan yang lebih baik.

Sesuatu yang sebenarnya mudah untuk dilakukan akan terasa sulit, hanya karena tidak mengetahui cara yang tepat untuk melakukannya. Dilansir dari purewow.com, Kamis (26/5/2016), berikut tips jitu dan langkah mudah agar Anda dapat lebih menghargai dan mensyukuri hidup Anda saat ini.

1. Lakukan satu hal di satu waktu

Lakukan satu hal di satu waktu. Sumber : purewow.com

Multitasking mungkin memang terdengar keren, tapi tidak banyak orang yang sanggup fokus terhadap beberapa hal secara bersamaan. Jika Anda salah satunya, maka cobalah untuk menghapus teori multitasking dalam benak Anda mulai dari sekarang, karena ini sangat tidak efisien dan akan membuat Anda melewatkan banyak hal dalam hidup.

Para peneliti di Stanford University menyatakan bahwa orang-orang multitasking terbiasa untuk tidak memberikan perhatian dan bisa mengontrol ingatan mereka untuk mengerjakan beberapa hal secara bersamaan dengan baik. Berbeda dengan orang-orang yang terbiasa mengerjakan satu hal di satu waktu.

2. Gunakan semua indra Anda

Gunakan semua indra Anda. Sumber : purewow.com

Ini tidak hanya tentang makanan, mulai sekarang Anda harus membiasakan diri untuk melihat dan merasakan apa saja yang ada di sekitar Anda. Apa manfaatnya? Anda akan merasa hadir sepenuhnya di saat tersebut dan lebih menghargai segala hal yang ada di sekitar Anda.

3. Luangkan waktu selama 5 menit dalam sehari untuk tidak melakukan apapun

Luangkan waktu selama 5 menit dalam sehari untuk tidak melakukan apapun. Sumber : purewow.com

Setidaknya lima menit, jika Anda sedang benar-benar sibuk. Hal ini dapat melatih perhatian Anda untuk lebih menghargai hidup Anda saat ini. Anda tidak harus memikirkan komentar negatif si bos atau tugas yang menumpuk untuk dikerjakan selama beberapa bulan mendatang di kantor.

4. Membangun koneksi nyata

Membangun koneksi nyata. Sumber : purewow.com

Seperti yang Anda tahu, sekarang banyak orang membangun koneksi melalui jaringan internet. Belum pernah bertatap muka, tapi bisa menjadi sahabat dekat. Apakah Anda salah satunya? Kurangi hal ini.

Saat bekerja, alihkan perhatian Anda sebentar dari layar komputer dan buatlah kontak mata dengan rekan kerja atau luangkan waktu untuk berbincang sebentar. Saat di rumah, biasakan buat waktu untuk berkumpul bersama-sama dengan anggota keluarga dan tanyakan tentang bagaimana hari mereka berjalan.

5. Batasi penggunaan alat elektronik

Batasi penggunaan alat elektronik. Sumber : purewow.com

Ya, sekarang memang sedang masanya teknologi serba canggih. Dengan realitas tersebut, Anda harus mulai membiasakan diri untuk mengurangi waktu menggunakan perangkat elektronik dan gadget dari sekarang. Jangan terbiasa memegang ponsel selagi bekerja, karena jelas itu akan mengganggu konsentrasi Anda. Sebelum tidur, Anda boleh meluangkan sedikit waktu untuk memeriksa peralatan Anda, termasuk ponsel, namun jangan sampai ini mengganggu waktu tidur Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini