Sukses

5 Jembatan Penyeberangan Terindah di Dunia

Berikut ini 5 jembatan penyeberangan yang terindah di dunia.

Liputan6.com, Jakarta Selain zebra cross, tempat para pejalan kaki untuk menyeberang adalah jembatan penyeberangan. Di Indonesia sendiri, khususnya masyarakat di kota besar seperti Jakarta masyarakatnya masih memiliki kesadaran yang kurang baik untuk menggunakan jembatan penyeberangan.

Terlebih lagi, sebagian besar jembatan penyeberangan tersebut tidak dirawat, banyak coretan, rapuh dan bahkan digunakan sebagai tempat untuk berdagang.

Sementara itu, beberapa negara maju tak hanya melihat jembatan penyeberangan dari sisi fungsi saja, tetapi juga dari sisi estetika.

Hal tersebut dilakukan oleh negara maju untuk memperindah tata kota, dan membuat masyarkatnya mau memanfaatkan sekaligus menjaga kebersihan jembatan penyeberangan itu sendiri. Seperti dilansir dari Architecturaldigest.com pada Senin (16/5/2016), menampilkan beberapa negara yang memiliki jembatan penyeberangan terindah di dunia.

1. Jembatan Scale Lane, Hull, Inggris

Jembatan Scale Lane, Hull, Inggris (sumber architecturaldigest.com)

Dengan bentuk menyerupai apsotrof, jembatan penyeberangan Scale Lane di Inggris masuk dalam jajaran yang terindah di dunia. Selain tempat untuk orang menyeberang, jembatan ini juga bisa mengayun dan melipat sehingga bisa dilewati kapal yang melintas di sungai.

Jembatan penyeberangan ini dirancang oleh firma arsitektur McDowell+Benedetti dan berkolaborasi dengan seniman Nayan Kulkarni sehingga membuatnya bisa bergerak. Jembatan ini dibangun dengan konstruksi berbahan dasar baja hitam yang kokoh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ponte Segunda Circular, Lisbon, Portugal

2. Ponte Segunda Circular, Lisbon, Portugal

Ponte Segunda Circular, Lisbon, Portugal (sumber architecturaldigest.com)

Dirancang oleh Maximina Almeida dan telmo Criz dari MXT studio, jembatan penyeberangan ini membentang sepanjang Second Circular Road di Lisbon, Portugal. Jemabatan penyeberangan ini menciptakan jaringan dan menghubungkan antara pejalan kaki dan pesepeda.

Jemabatan penyeberangan ini menggunakan konstruksi dari baja yang terinspirasi dari jalur sawah. Sehingga suasana yang asri dapat dirasakan para pejalan dan pesepeda ketika melewatinya

3. Peace Bridge, Calgary, Alberta

Peace Bridge, Calgary, Alberta (sumber architecturaldigest.com)

Selesai pada tahun 2012, Jembatan Penyeberangan Peace di Calgary lahir dari tangan arsitek Santiago Calatrava. Jembatan penyeberangan ini melewati sungai Bow di Calgary yang juga punya fungsi menghubungkan antara komunitas perumahan dengan pusat kota. Selain itu, jembatan penyeberangan ini mempertemukan pejalan kaki dengan pesepeda.

3 dari 3 halaman

The Jetty ke Mont Saint-Michel, Mont Saint-Michel, Prancis

4. The Jetty ke Mont Saint-Michel, Mont Saint-Michel, Prancis

The Jetty ke Mont Saint-Michel, Mont Saint-Michel, Prancis (sumber architecturaldigest.com)

Jembatan penyeberangan ini dirancang oleh Dietmar Feichtinger Architectes yang terletak dipesisir pantai Normandia. Jembatan ini menghubungkan ke salah satu situs warisan dunia UNESCO, kota Mont Saint-Michel.

Saat melihat jembatan ini, Anda seperti akan dibawa ke sebuah negeri dongeng dengan berjalan kaki. Jembatan penyeberangan ini pun telah dirancang jika harus menghadapi arus air yang deras secara tiba-tiba.

5. Luchtsingel, Rotterdam, Belanda

Luchtsingel, Rotterdam, Belanda (sumber architecturaldigest.com)

Belanda dikenal sebagai negara dengan kanal yang cukup banyak oleh karena secara geografis berada di bawah permukaan laut. Kanal-kanal di negara ini membuat tercipta beberapa jembatan penyeberangan yang indah, seperti Luchtsingel.

Jembatan penyeberangan ini menghubungkan distrik utara dan pusat di Rotterdam, Belanda yang dirancang untuk merangsang pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di area tersebut. Jembatan ini dirancang oleh perusahaan arsitektur dari Belanda bernama ZUS yang dibiayai oleh kota.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini