Sukses

8 Alasan Anda Tidak Disarankan Membawa Gawai ke Tempat Tidur

Ini 8 alasan Anda tidak disarankan membawa gawai ke tempat tidur.

Liputan6.com, Jakarta Kebanyakan orang kini tak bisa lepas dari telepon genggam, atau gadget apapun yang mereka miliki. Membawa gawai ke tempat tidur juga menjadi kebiasaan orang, untuk mengecek apa saja yang terjadi di media sosial. Seperti dilansir dari Goodhousekeeping.com, Senin (16/5/2016), ternyata kebiasaan ini menimbulkan efek yang cukup serius bagi kesehatan Anda. Apa saja? simak yang berikut ini.

1. Membuat susah tidur
Cahaya buatan yang terdapat di telepon genggam Anda membuat otak memproduksi melatonin yang lebih sedikit. Melatonin berfungsi membantu tubuh untuk mengantuk dan membuat ritme tidur yang seimbang. Bahkan sebuah penelitian menemukan, cahaya kedip di gadget saat di charge, dapat mengganggu kenyamanan tidur Anda.

2. Anda merasa lelah saat bangun
Penelitian menemukan, orang yang menggunakan gawai mereka saat lampu sudah dimatikan, mendapatkan tidur yang buruk dan merasa lebih lelah keesokan harinya. Jadi walaupun Anda berhasil mengantuk, kualitas tidur Anda dapat terganggu.

3. Pemicu kebakaran
Polisi di New York baru-baru ini memberi peringatan bagi orang yang suka membawa gadget ke tempat tidur. Karena, ternyata kebiasaan ini dapat menutup sirkulasi udara di gadget, yang membuat gadget panas dan mudah terbakar.

4. Gawai lebih kotor dari tempat duduk toilet
Jika Anda tidak ingin tidur seperti di samping toilet, jangan letakkan telepon genggam Anda di samping Anda saat tidur. Selain itu, agar telepon genggam tetap bersih, lap dengan menggunakan tisu alkohol beberapa hari sekali.

5. Membuat Anda depresi
Menurut penelitian di Baylor University, orang yang menggunakan telepon mereka secara terus-menerus cenderung memiliki mood yang naik turun dan temperamental.

6. Memicu Nomophobia
Apa itu nomophobia? Yaitu perasaan ketakutan saat Anda tidak bersama handphone Anda. Untuk mencegah hal ini terjadi, matikan gadget Anda setidaknya sekali sehari, dan letakkan setidaknya 5 meter dari Anda ketika beristirahat.

7. Merusak mata
Setelah seharian di depan komputer, dan menonton TV, mata Anda butuh istirahat. Maka jangan siksa mata Anda dengan membawa gadget ke tempat tidur. Karena, kebiasaan ini merangsang sakit kepala, mata kering, penglihatan yang kabur dan gangguan mata lainnya.

8. Terpapar radiasi telepon
Walaupun masih belum jelas, apa efek samping dari radiasi telepon pada otak, tapi lebih baik hindari jika kita tidak memerlukan gadget. Maka, hindari meletakkan gadget di tempat tidur, apalagi menaruh di bawah bantal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.