Sukses

Sudah Cukup Tidur tapi Terus Merasa Capek? Ini Penyebabnya

Ini penyebab tubuh yang terus merasa capek walaupun sudah tidur cukup.

Liputan6.com, Jakarta Bagi anak kecil, tidur siang adalah hal yang menyebalkan. Namun, sebagian besar waktu orang dewasa digunakan untuk bekerja, sehingga orang dewasa mudah merasa lelah. 

Saat bertumbuh dewasa, tak ada orang yang menyangka bahwa Anda akan sering merasa lelah. Bahkan ketika sudah tidur sesuai dengan kebutuhan orang dewasa, yaitu sekitar 7-8 jam, banyak orang yang masih merasa pusing dan penat. Ternyata, penyebab tubuh lelah bukan selalu tentang waktu tidur, tapi kualitas tidurnya.

Dilansir dari Higherperspective pada Selasa (10/520160, memperbaiki kebiasaan tidur membutuhkan waktu dan dedikasi. Simak juga hal-hal yang bisa mempengaruhi kualitas tidur Anda.

1. Tak cukup berolahraga

Olahraga teratur seharusnya jadi bagian dari kehidupan setiap orang dan tidak ditentukan oleh baik tidaknya kualitas tidur. Olahraga akan mendorong produktivitas dan membuat istirahat di malam hari lebih nyenyak.

2. Depresi atau stres

Jika pola tidur Anda tidak menyediakan istirahat yang dalam dan berkualitas, tubuh Anda akan perlahan-lahan kehilangan kekuatan dan kejernihan pikiran. Jika situasi ini tidak diatasi, masalah akan bertumpuk dan semakin memicu stres. Anda harus menyadari batasan tubuh Anda dan mengingat bahwa kualitas tidur dapat dipengaruhi oleh pikiran. Coba kenali apa yang menjadi beban pikiran Anda dan apa yang bisa mengurangi stres atau depresi Anda agar dapat tidur dengan nyenyak.

3. Pola makan tidak sehat

Apa yang Anda konsumsi untuk menjadi "bensin" tubuh Anda akan sangat memengaruhi mood dan aksi dalam satu hari. Jauhi makanan yang penuh gula, tepung dan karbohidrat tinggi. Pola makan dan nutrisi yang berkualitas akan memastikan bahwa energi Anda terbakar untuk berbagai aktivitas dalam satu hari sehingga tubuh akan diberdayakan untuk istirahat yang dalam dan berkualitas di malam hari.

4. Dehidrasi akut

Banyak orang yang tak sadar bahwa tubuhnya mengalami dehidrasi. Jenis cairan yang Anda konsumsi seringkali tidak berfungsi untuk menghidrasi tubuh. Garam, gula, kafein, zat pengawet dan sirup perasa yang terkandung dalam minuman-minuman instan bukan pilihan yang terbaik untuk menghidrasi tubuh. Saat dehidrasi, organ-organ dalam tubuh tidak dapat berfungsi secara efisien, sel-sel tidak terbagi dan beroperasi dengan baik, demikian pula dengan proses metabolisme yang cenderung tidak lancar. Hal ini juga berpengaruh terhadap kualitas tidur seseorang. Anda tak bisa selalu menghindari minuman berwarna, tapi Anda harus juga memperhatikan konsumsi air putih.

5. Kondisi kesehatan

Selain faktor-faktor di atas, tubuh yang selalu lelah meskipun sudah cukup tidur dapat juga disebabkan oleh kondisi kesehatan yang Anda tidak sadari. Rasa lelah dapat juga disebabkan oleh defisiensi vitamin atau penyakit tertentu, atau depresi akut, insomnia, atau ketidakseimbangan hormon yang banyak menghabiskan energi dalam tubuh. Temui dokter atau psikolog untuk mengetahui apa yang sedang terjadi pada tubuh Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini