Sukses

Libur Panjang Akhir Pekan, Situ Gunung Jadi Opsi Menarik

Situ Gunung yang lokasinya tidak jauh dari pusat kota Jakarta kerap menjadi pilihan tujuan wisata untuk mengisi libur akhir pekan.

Liputan6.com, Jakarta Libur panjang akhir pekan adalah saat yang tepat untuk berwisata bersama keluarga. Menghindar sejenak dari rutinitas kerja yang membosankan, mengunjungi tempat-tempat yang menawan, dan merasakan udara pagi yang sejuk merupakan cara ampuh menyegarkan kembali suasana pikiran.

Banyak destinasi wisata yang pas untuk mengisi libur panjang akhir pekan ini. Bagi Anda yang berada di Jakarta dan sekitarnya, Situ Gunung di Cisaat merupakan tempat yang tepat untuk menyegarkan kembali tubuh dan pikiran Anda.

Berlokasi sekitar 100 km dari pusat kota Jakarta, Situ Gunung dapat ditempuh hanya dalam tiga jam perjalanan. Bagi Anda yang tidak ingin terjebak macet, tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan moda trasnportasi kereta api.

PT KAI telah menyediakan kereta Pangrango dengan rute Bogor – Sukabumi. Harga tiket yang ditawarkan juga sangat terjangkau, hanya Rp 25 ribu untuk kelas ekonomi dan Rp 60 ribu untuk eksekutif. Turun di stasiun Cisaat, perjalanan dilanjutkan menggunakan angkot merah yang banyak tersedia di Polsek Cisaat.

Stasiun Paledang Bogor merupakan stasiun keberangkatan untuk sampai ke kawasan Situ Gunung.

Saat tim Liputan6.com berkunjung, Sabtu (30/4/2016), udara dingin mulai terasa saat sampai di gerbang Situ Gunung. Kawasan wisata yang berada di antara lereng Gunung Salak dan Gunung Gede-Pangrango ini menawarkan segudang aktivitas wisata alam yang menarik, mulai dari outbond hingga menyaksikan pemandangan eksotis kabut yang turun ke danau.

Untuk mencapai lokasi danau Situ Gunung, Anda perlu treking 1 km atau selama 45 menit.

“Di sini biasanya ramai itu kalau akhir pekan, orang-orang dari Jakarta banyak yang menginap di sini. Mereka biasanya jepret danau, itu kalau pagi kan kabutnya turun jadi eksotis gitu lah. Curug Sawer juga banyak pengunjungnya,” ungkap Tuti, salah satu pemilik penginapan di kawasan Situ Gunung.

Untuk sampai ke lokasi danau Situ Gunung, Anda perlu treking sejauh 1 km atau menghabiskan waktu sekitar 45 menit saja. Pagi hari adalah saat yang tepat untuk mengunjungi danau, selain udaranya masih sejuk, pemandangan danau Situ Gunung akan terlihat lebih menawan di pagi hari.

Curug Sawer merupakan lokasi yang paling banyak dikunjungi wisatawan saat berada di Situ Gunung.

Selain danau, lokasi lainnya di kawasan objek wisata Situ Gunung yang banyak dikunjungi wisatawan adalah Curug Sawer. Berbeda dengan danau, menuju Curug Sawer, Anda membutuhkan waktu treking yang lebih lama. Namun demikian, rasa lelah menempuh jalan terjal dan berkelok sejauh 1,7 km terbayar lunas saat sampai dan menyaksikan keindahan curug.

Bagi Anda yang ingin berlama-lama di Situ Gunung, di sekitar lokasi banyak terdapat penginapan dengan harga yang terjangkau, mulai dari Rp 300 – Rp 800 ribu per malam. Menginap saat berkunjung ke Situ Gunung nampaknya menjadi hal yang lumrah, pasalnya tidak cukup sehari untuk bisa menjelajahi tiap keindahan kawasasan wisata ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.