Sukses

Membanggakan, Ada Mahasiswa Indonesia di Pusat Penelitian Dunia

Mahasiswa Universitas Indonesia berhasil menjadi anggota pusat penelitian komputasi dan partikel fisika terbesar di dunia.

Liputan6.com, Jakarta Tak hanya kaya akan keindahan alam, Indonesia juga kaya akan sumber daya manusia yang mengagumkan. Tidak bisa dilihat sebelah mata, salah satu generasi muda Indonesia bahkan berhasil bergabung dengan pusat penelitian sains terbesar di dunia.

Mahasiswa Teknik Komputer Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) I Made Sanadhi Sutandi berhasil mewakili Indonesia untuk berpartisipasi dalam kegiatan “OpenLab Summer Research Program 2016” di CERN - salah satu Pusat Riset Komputasi & Partikel Fisika terbesar di dunia.

Sanadhi (21) berhasil menggungguli 1.461 mahasiswa lainnya dari seluruh dunia ini, akan terlibat secara langsung dalam proyek pengembangan sistem IT selama delapan minggu mulai dari 20 Juni hingga 21 Agustus 2016 di Jenewa, Swiss.

CERN (Conseil Européen pour la Recherche Nucléaire) atau dalam bahasa Indonesia berarti Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir telah memberikan sumbangsih dan kontribusi nyata terhadap ilmu pengetahuan, diantaranya teknologi www (web) yang saat ini sudah menjadi bagian besar dalam kehidupan manusia.

Selain itu, CERN juga berkontribusi pada penemuan partikel Higgs Boson yang mendapatkan hadiah Nobel Fisika tahun 2013 serta penemuan Super Symmetry dan Quark-Gluon Plasma yang menunjukkan fenomena pembentukan alam semesta.

Sanadhi, menurut informasi yang diterima Liputan6.com, Selasa (19/4/2016) mengatakan, “Pencapaian ini merupakan peluang emas karena saya dapat belajar langsung dengan para pakar di bidang teknologi serta melihat dan merasakan langsung teknologi dan inovasi yang ada diseluruh dunia. Saya yakin dan mantap untuk menyerap ilmu dan membangun network sebanyak-banyaknya saat bekerja disana agar ilmu pengetahuan ataupun hardskill dan softskill saya dapat teruji dengan baik." 

Lebih lanjut, Sanadhi mengungkapkan selama kegiatan berlangsung, ia akan memperoleh sejumlah topik perkuliahan serta dilibatkan langsung pada proyek penelitian bersama dengan peneliti CERN. Hal ini dilakukan untuk mendalami domain keilmuan yang menjadi kebutuhan utama pada infrastruktur IT seperti Data Acquisition, Computing Platforms, Data Storage Architectures, Compute Provisioning and Management, Networks and Communication dan Data Analytics. Indonesia bangga memiliki generasi muda berprestasi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini