Sukses

Airplane Acne, Jenis Jerawat yang Harus Anda Ketahui

Ternyata sering berpergian juga dapat berakibat buruk terhadap kondisi kulit wajah Anda, simak di sini.

Liputan6.com, Jakarta Seorang dokter kulit yang berasal dari New York City, Dr. Neal Schultz memperkenalkan istilah airplane acne. Apa itu airplane acne? Mungkin istilah ini masih terdengar sangat asing di telinga Anda.

Dilansir dari marieclaire.com, Jumat (15/4/2016), airplane acne adalah jenis jerawat yang akan muncul ketika Anda terlalu sering berpergian. Berpergian selalu membuat kulit Anda lelah karena udara kering yang tidak dapat diduga.

Jika sebelumnya Anda telah memiliki kulit kering, maka berpergian hanya akan membuat kulit Anda semakin kering, karena semua minyak terjebak di bawah sel-sel kulit Anda, yang akan membuat kulit dehidrasi. Sebaliknya, jika Anda memiliki tipe kulit berminyak, maka saat berpergian, kulit Anda akan meningkatkan produksi minyak untuk melindungi dirinya sendiri dari kelembapan yang rendah. Inilah yang menyebabkan kulit Anda rusak.

Apakah setelah membaca ini, Anda merasa bahwa berpergian menjadi hal yang jauh lebih rumit sekarang?

"Ketika Anda berpergian, Anda melewati beberapa zona waktu dan ini membuat tubuh Anda stres. Umumnya, ketika stres, tubuh akan mengeluarkan cortisone dari kelenjar adrenal. Namun, setiap kelenjar adrenal memproduksi cortisone, akan terjadi kebocoran berupa hormon androgen. Hormon androgen pada kaum pria tidak akan berpengaruh apapun. Sebaliknya, hormon androgen pada wanita akan menyebabkan munculnya jerawat," jelas Dr. Neal.

Walaupun tidak ada cara yang dapat berhasil di wajah semua orang, namun Anda dapat memastikan bahwa Anda selalu membersihkan dan melembabkan kulit Anda sebelum, selama, dan sesudah melakukan perjalanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.