Sukses

6 Kebiasaan Sepele yang Memicu Perceraian

Kebiasaan-kebiasaan kecil yang terkesan sepele ternyata dapat memicu perceraian.

Liputan6.com, Jakarta Tentu tak ada orang yang menginginkan perceraian saat membina rumah tangga dengan orang yang dicintainya. Namun, kebiasaan-kebiasaan kecil yang terkesan sepele ternyata dapa memicu perceraian.

Penelitian menunjukkan, tidak semua orang sadar hal yang dilakukannya memicu perceraian. Seperti terlalu banyak melihat media sosial saat tengah di ranjang bersama pasangan. Nah, tahukah Anda itu memicu perceraian? Ketahuilah selengkapnya seperti dikutip dari Elle, Jumat (8/4/2016) berikut.

1. Berbicara keburukan pasangan di belakang
Keburukan pasangan tidak seharusnya diketahui orang lain. Apalagi Anda berbicara di belakang dia. Jika Anda melakukan ini, artinya Anda tidak menghargai pasangan. Jika Anda ingin ia mengubah kebiasaan buruknya, cobalah untuk membicarakannya berdua dengan pasangan.

2. Membandingkan ia dengan mantan
Meskipun Anda masih sangat mengingat kebaikan mantan, jangan sekali-sekali membandingkan pasangan Anda yang sekarang dengan dia. Sekalipun hanya berada di pikiran Anda, hal ini berpotensi merusak sebuah hubungan pernikahan.

3. Tak Pernah Mengerti Pasangan
Mungkin terdengar klise, tetapi saling pengertian merupakan kunci langgengnya sebuah pernikahan. Terkadang orang merasa apa yang dikatakan pasangannya tidak masuk akal, tetapi saat ia mencoba untuk mengubah perspektifnya, maka ia akan lebih mengerti.

4. Memulai pertengkaran karena emosi sesaat
Jika emosi Anda tiba-tiba melonjak saat Anda sedang berbicara dengan pasangan, maka itu bukanlah pertanda yang baik. Biasanya wanita lebih emosional dari pria, tetapi berbicara dengan nada tinggi itu bisa memicu pertengkaran. Padahal sebenarnya Anda bisa menghindarinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hal Sepele yang Memicu Perceraian

5. Berpura-pura tenang
Terlihat terlalu emosional memang buruk untuk keharmonisan sebuah hubungan. Namun berpura-pura tenang juga tidak akan membantu. Tubuh Anda terkadang tidak bisa dikontrol saat berpura-pura tenang, misalnya suara Anda akan meninggi, pupil Anda membesar, dan wajah sedikit pucat. Maka ada baiknya Anda membicarakan hal yang Anda tidak sukai kepada pasangan, meskipun dilakukan dengan cara yang tenang.

6. Tidak bertengkar sama sekali
Terlalu sering bertengkar dengan pasangan memang buruk, tetapi tidak bertengkar sama sekali juga bisa memicu retaknya sebuah hubungan pernikahan. Karena tidak ada da orang yang selalu sepakat sepanjang waktu. Dengan bertengkar, Anda menunjukkan bahwa Anda peduli dengan hubungan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini