Sukses

Kenali Anda Tipe Kekasih Egois atau Tidak, Ini 12 Ciri-cirinya

Ketahui egois atau tidaknya Anda dalam hubungan berdasarkan 12 karakteristik ini.

Liputan6.com, Jakarta Menyadari sisi egois diri sendiri bukan hal yang mudah, karena yang dapat menilai kepribadian seseorang adalah orang-orang terdekat. Dalam hubungan asmara, Anda tidak dapat menilai dengan pasti apakah Anda pihak yang egois atau yang lebih besar hati dan penyabar. Apalagi pada dasarnya, setiap manusia memiliki sisi egois.

Sifat egois dinilai berdasarkan perspektif masing-masing orang. Ya, dalam hal tertentu, Anda bisa mengira-ngira tipe kekasih seperti apakah Anda. Apakah Anda pernah mengalah saat terlibat dalam suatu argumen dengan kekasih, atau apakah Anda tipe orang yang suka terlihat lemah?

Setiap hubungan membutuhkan give or take dan keseimbangan agar dapat berjalan dengan sehat. Jika pasangan Anda merasa bahwa ia adalah pihak yang selalu mengalah, ia bisa menyerah dan tidak meneruskan hubungan dengan Anda secara tiba-tiba. Maka itu penting untuk mengenali seberapa egoiskah Anda dalam berhubungan. Dikutip dari Lovepanky.com pada Selasa (5/4/2016), berikut 12 ciri-ciri pasangan yang egois.

1. Anda hanya semangat melakukan kegiatan yang Anda senangi. Jika kegiatan tersebut adalah hobi pasangan, Anda akan cepat bosan dan berusaha untuk menghindar dari kegiatan tersebut.

2. Pasangan Anda lebih sering mengalah. Saat ada diskusi tentang tempat kencan atau kegiatan apa yang ingin dilakukan, Anda biasanya mendapatkan apa yang Anda inginkan, tanpa memandang perasaan pasangan.

3. Pasangan sering meminta Anda melakukan sesuatu dengan berulang-ulang. Misalkan, 'Boleh tolong ambil pakaian yang ada di lantai?" atau "Apakah kamu lupa melakukan ...?" Saat pasangan mengulang-ulang permintaan, memang terdengar mengganggu. Tapi pasangan terpaksa mengatakan hal yang sama berkali-kali karena Anda tidak mendengarkan permintaannya.

4. Anda merasa bahwa apa yang Anda lakukan dalam hidup lebih berarti dan berharga. Bisa saja Anda memiliki pekerjaan dan penghasilan yang lebih baik dari pasangan, tapi bukan berarti Anda memiliki kontrol yang lebih besar dalam hubungan Anda. Jika Anda merasa bahwa pendapat Anda lebih penting dari pendapat pasangan, Anda bersikap sombong dan egois.

5. Anda melihat pasangan sebagai seseorang yang penuh kekurangan dan memerlukan pertolongan. Apakah Anda merasa bahwa kekasih Anda bukan sosok yang sempurna dan menunggu mereka untuk berubah sesuai dengan harapan Anda? Setiap orang memiliki kekurangan, termasuk Anda sendiri.

Ketahui egois atau tidaknya Anda dalam hubungan berdasarkan 12 karakteristik ini.

6. Anda melakukan segala sesuatu dengan cara Anda. Anda selalu memilih restoran favorit Anda sendiri, atau melakukan hal-hal yang Anda sukai meskipun pasangan mengajak untuk melakukan hal lain. Jika pasangan membujuk Anda untuk melakukan sesuatu yang berbeda, Anda akan cemberut dan ngambek.

7. Anda memiliki ego yang besar. Dapat dilihat dari cara Anda bersikap saat sedang dalam argumen. Apakah Anda berpikir bahwa memenangkan argumen adalah hal yang lebih penting daripada perasaan pasangan? Orang yang egois tidak suka saat mereka kalah dalam perdebatan, bukan hanya saat sedang berdebat dengan kekasih tapi juga dengan orang-orang lain.

8. Anda tidak mudah percaya kepada pasangan. Anda memang mencintai pasangan Anda, namun Anda selalu ragu untuk memberikan kepercayaan sepenuhnya. Anda merasa bahwa Anda adalah pihak yang lebih pantas untuk berbahagia dan selalu mementingkan kepentingan diri sendiri.

9. Anda tak bisa tidak egois. Anda mungkin pernah mencoba untuk mengedepankan kebutuhan pasangan dan menunjukkan rasa sayang kepada mereka, namun selalu gagal karena pada akhirnya Anda mementingkan kebutuhan diri sendiri.

10. Anda bersikap kompetitif dengan pasangan. Kompetitif bukanlah hal yang negatif selama berada di batas yang normal dan tidak membutuhkan pengorbanan dari pihak mana pun. Apakah Anda pernah mengorbankan perasaan pasangan untuk membuat diri Anda sendiri terlihat baik di depan orang lain? Jika ya, itu adalah salah satu ciri sifat yang egois.

11. Anda tak pernah minta maaf. Apakah Anda merasa sangat berat setiap ingin mengucapkan permintaan maaf pada pasangan? Mungkin untuk hal-hal kecil Anda tak kesulitan meminta maaf, namun Anda berat meminta maaf saat melakukan kesalahan yang lebih serius. Di sisi lain, Anda akan sangat marah jika pasangan tidak meminta maaf saat ia yang berbuat kesalahan.

12. Anda sering melakukan manipulasi secara emosional. Apakah Anda mudah memberikan silent treatment atau mendiamkan pasangan saat ia tidak memberikan apa yang Anda inginkan? Pasangan bisa saja mengalah, namun ia akan tetap menyimpan perasaan kesal dalam hati bisa terus menumpuk dan membuat hubungan tidak sehat.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini