Sukses

Success Stories Jadi Faktor Penting Menjadi Entrepenuer

Success Stories harus banyak karena itu menular, kata Ahmad Zaky, CEO Bukalapak.com

Liputan6.com, Jakarta CEO Bukalapak, Achmad Zaky mengatakan supaya berani menjadi entrepreneur, paling penting adalah memiliki banyak cerita sukses.

"Success Stories harus banyak karena itu menular," kata Zaky saat menjadi pembicara pada acara Open House Paramadina Graduate School yang mengusung tema "Sukses Bersaing di Era MEA" di Energy Building, SCBD, Sudirman, Jakarta, Senin (21/3).

Zaky mencontohkan ketika ada satu pemuda di daerah berani membuat kerajinan yang tidak umum, awalnya orang-orang akan meragukan, ditakut-takuti bakal gagal. Ketika anak ini berhasil akan ditunjukkan dengan membeli motor, mobil, hingga rumah. Dari sini, kata Zaky, karyanya akan dilihat orang lain.

"Itu tantangannya, tapi kalau sudah sukses pasti akan ditiru. Success Stories harus banyak. Di Massasuchet, Amerika, mengapa banyak entrepernur? Karena banyak success stories. Ketika entreprenuer jumlahnya banyak, energinya akan menular," jelas Zaky.

Kedua, menurut Zaky, untuk melahirkan banyak entreprenuer adalah dengan struktur kapital bisnis disuatu negara. "Struktur kapital disuatu negara jangan sampai cuma menular ke orang-orang tertentu dan aksesnya tidak terbuka untuk golongan baru," kata Zacky.

"Negara harus punya sesuatu untuk mengajak pemuda membuat penemuan baru. Yang membuat kita semangat," tambah Zaky.

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini