Sukses

Ini 3 Jembatan Air Paling Menakjubkan di Dunia

Umumnya jembatan digunakan untuk menghubungkan dua daratan yang terpisah sungai, namun tiga jembatan ini justru sebaliknya.

Liputan6.com, Jakarta Jembatan tak hanya sekadar konstruksi bangunan untuk transportasi semata, tetapi juga menjadi penghubung yang mempengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia, seperti ekonomi, sosial, budaya, dan politik. Namun jika umumnya jembatan digunakan sebagai penghubung antar daratan karena dipisahkan sungai, berbeda dengan jembatan-jembatan ini. 

Seperti dilansir dari Elitereaders.com, Senin (21/3/2016), tiga jembatan air ini justru dibangun untuk menghubungkan dua sungai yang dipisahkan oleh daratan. Selain memiliki fungsi sebagai penghubung sistem transportasi, jembatan-jembatan ini juga menjadi destinasi wisata yang langka karena hanya ada tiga di dunia. Berikut tiga jembatan tersebut.

1. Jembatan Air Madgeburg, Jerman

Jembatan Air Madgeburg, Jerman
Jembatan air Madgeburg ini yang menghubungkan antara sungai Elbe dan Havel di Kerman ini memiliki panjang 918 meter. Jembatan air tersebut dinobatkan sebagai yang terpanjang di dunia. Untuk membangun mulai dari konstruksi sampai bisa digunakan, jembatan ini membutuhkan waktu selama enam tahun. Sebelum jembatan ini dibuat, kapal diharuskan memutar sejauh 12 kilometer untuk bisa menyeberang.

2. Jembatan Air Veluwemmer, Belanda

Jembatan Air Veluwemmer, Belanda
Belanda memang dikenal sebagai salah satu negara dengan kanal yang cukup banyak. Jembatan air ini memiliki panjang 25 meter. Kedalaman kolong jembatan untuk dilewati oleh mobil mencapai 3 meter. Setiap harinya kolong jembatan air Veluwemeer ini dilewati oleh 28.000 kendaraan. Jembatan tersebut hanya mampu disebrangi oleh kapal berukuran kecil saja.

3. Jembatan air The Pontcysyllte, Inggris

Jembatan air The Pontcysyllte, Inggris
Jembatan air The Pontcysyllte di Inggris merupakan salah satu warisan dunia yang dibangun pada 1805. Jembatan ini bisa dibilang sebagai yang tertua di dunia dan digunakan untuk menghubungkan lokasi tambang Denbigshire ke kanal sistem di Inggris. Jembatan air yang kini dijadikan salah satu objek dan akitivitas wisata memiliki tinggi 38 meter.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini