Sukses

Simak Ini, 12 Cara Jitu untuk Menghaluskan Kulit Wajah Anda

Anda mendambakan kulit halus dan bersinar? Berikut ini adalah beberapa tips jitu untuk melembutkan kulit wajah Anda.

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang memiliki penyebab masing-masing mengapa kulit wajah mereka menjadi kusam dan rusak, terutama perempuan. Perempuan memiliki lebih banyak alasan mengapa kulit wajah mereka rusak, seperti menstruasi dan paparan sinar matahari langsung. Banyak perempuan mengeluhkan munculnya garis-garis halus di wajah mereka dan berpikir bahwa kulit halus adalah sebuah impian yang jauh dari jangkauan.

Dilansir dari sheknows.com, Rabu (16/3/2016), berikut ini adalah beberapa tips melakukan perubahan sederhana yang dapat membuat kulit Anda tampak lebih halus, sehat, dan bersinar.

1. Berhenti melakukan perawatan apa pun
Menurut Dr. Jessica Krant, seorang dermatologis bersertifikat dan penemu dari Art of Dermatology sekaligus asisten profesor klinik dermatologi di SUNY Downstate Medical Center, New York City, mengatakan langkah pertama untuk menghaluskan kulit adalah berhenti melakukan apa pun yang sedang Anda lakukan pada kulit wajah Anda saat ini.

"Less is more itu penting dan benar. Dengan banyaknya produk kosmetik antipenuaan saat ini, terkadang Anda mungkin berpikir bahwa semakin sering kita menggunakannya, semakin muda kulit Anda. Sayangnya, terkadang hal yang terjadi kebalikannya. Banyak dari produk kosmetik antipenuaan malah membuat kulit Anda iritasi, merah, kering, dan menghasilkan lebih banyak garis-garis halus. Jadi, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah hentikan semua pemakaian," ujar Jessica.

2. Tidak terlalu sering mencuci muka
Anda mungkin berpikir bahwa kunci dari wajah yang halus adalah wajah yang sangat bersih. Ini tidak benar. Faktanya, terlalu sering mencuci muka malah akan membahayakan.

"Sangat penting untuk menghapus riasan dan kotoran yang menempel di wajah secara teratur. Namun hanya mitos apabila Anda diharuskan menggosok muka sebanyak dua sampai tiga kali dalam sehari. Terkadang terlalu sering mencuci muka dapat menyebabkan kekeringan dan iritasi, layaknya ketika Anda memakai produk kosmetik anti penuaan. Ketika Anda mencuci muka terlalu sering dan menghilangkan lapisan kulit alami yang sehat dan lembab, Anda menciptakan kemerahan dan kulit mengelupas. Hal ini dapat membuat kulit wajah berhenti memproduksi minyak, sehingga kulit Anda malah kering dan berminyak dalam waktu bersamaan. Kurangi mencuci muka dan biarkan kulit wajah Anda beristirahat," ucap Jessica.

Satu hal lagi yang penting adalah ketika Anda membersihkan wajah, pastikan Anda memakai toner setelah pembersih untuk menghilangkan kotoran menyumbat, minyak, dan sel kulit mati. 

3. Jangan memencet jerawat
Bagi beberapa orang, memencet jerawat adalah suatu hal yang mengasyikkan. Namun jangan coba-coba untuk melakukannya.

"Perlakukan jerawat Anda dengan baik, mungkin dengan bantuan dermatologis, bukan dengan jari-jari tangan Anda. Apa pun yang Anda lakukan pada jerawat dan usaha untuk memperbaikinya, hanya akan membuat waktu penyembuhan lebih lama dan meninggalkan bekas luka." Jessica menjelaskan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Eksfoliasi

4. Eksfoliasi (tidak terlalu sering)
Jika Anda benar-benar menginginkan kulit halus, maka Anda harus menghilangkan kulit mati dengan eksfoliasi. Jika Anda pernah mendengar bahwa eksfoliasi dapat menyebabkan kulit kering, itu adalah mitos.

"Eksfoliasi secara teratur dapat mempercepat regenerasi sel dan meningkatkan kelembaban. Eksfoliasi juga dapat meningkatkan produksi kolagen, sehingga kulit lebih kenyal," kata Celeste Hilling, CEO dari Skin Authority.

Celeste juga merekomendasikan untuk menggunakan bahan-bahan natural untuk eksfoliasi.

5. Bersihkan kuas makeup Anda
Seberapa sering Anda membersihkan kuas makeup Anda? Mungkin tidak terlalu sering. Kotoran dan minyak yang menempel di kuas tersebut dapat menimbulkan jerawat.

Cukup mudah untuk membersihkan kuas Anda dengan sabun. Namun ingatlah bahwa tidak sembarang sabun dapat digunakan. Usahakan untuk menggunakan sabun yang tepat dan mengerti cara membersihkan kuas yang benar agar tidak memperburuk keadaan kuas Anda.

6. Makan makanan yang bersih
Kulit merupakan refleksi dari apa yang ada di dalam tubuh Anda. Makanan kaya protein, omega 3, dan tanpa lemak sangat efektif untuk menghasilkan kulit halus. Makanan ini membantu kulit mempertahankan kelembaban.

Jika Anda sedang mencari cara yang paling mudah melakukan diet sehat untuk kulit halus dan bersinar, Anda dapat mencoba meminum jus setiap hari. Jus memberikan kulit asupan oksigen yang tinggi.

3 dari 4 halaman

Hidrasi

7. Hidrasi
Salah satu cara paling mudah untuk mendapatkan kulit halus adalah rajin mengonsumsi air putih. Ketika Anda terhidrasi dengan baik, kulit Anda akan lebih halus dan elastis.

8. Gunakan sunblock
Anda pasti tahu bahwa sunblock memiliki banyak manfaat kesehatan. Namun ternyata sunblock juga dapat membuat kulit Anda halus. Paparan matahari dapat menyebabkan kerutan dan kerusakan kulit. Carilah sunblock yang sesuai dengan kulit Anda dan mengandung bahan-bahan alami.

9. Pelembap
Melembabkan kulit rasanya tidak pernah cukup. Gunakan pelembab minimal dua kali sehari untuk meningkatkan hidrasi kulit dan menghilangkan sel-sel kulit kering.

Cuci muka dengan air hangat atau uapkan wajah selama tiga menit juga dapat membantu kulit wajah Anda terhidrasi dengan baik.

4 dari 4 halaman

Produk Alami

10. Beralih kepada produk alami
Anda dapat membuat kulit menjadi halus dengan cara yang paling sederhana. Gunakan masker yogurt yang dapat Anda buat sendiri di rumah dan aplikasikan pada wajah. Hal ini bisa bekerja efektif dibanding produk-produk kecantikan yang dijual di toko.

11. Perawatan maksimal di malam hari
Tahukah Anda bahwa kulit membutuhkan perawatan maksimal di malam hari? Jangan lupa untuk menggunakan pelembab sebelum tidur karena pelembab dapat merangsang pertumbuhan kolagen dan membantu pergantian sel kulit.

12. Cobalah melakukan sebuah perawatan
Ketika semua hal di atas gagal membawa hasil yang baik untuk kulit Anda, maka tidak ada salahnya jika Anda mendapatkan bantuan dari luar. Tentunya, Anda harus memilih perawatan profesional yang sangat mengerti tentang kondisi kulit wajah Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini